Mengulas Biaya Sekolah Kedokteran yang semakin mahal

Menjadi seorang dokter memang jadi prestise tersendiri. Banyak orang tua yang rela mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta agar anaknya bisa menjadi seorag dokter. Apalagi saat ini biaya kuliah di fakultas kedokteran jauh berlipat dari saat aku masuk 6 tahun yang lalu. Di sisi lain ada banyak orang tua yang hanya gigit jari. Tatkala mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan untuk bisa menjadi seorang dokter.
Sudah sewajarnya ?
Jika dibandingkan dengan fakultas lain, biaya pendidikan di Fakultas Kedokteran memang lebih tinggi. Sebagai gambaran, untuk biaya semester saja, seorang mahasiswa di FK UI harus mengeluarkan sekitar 2 juta rupiah. Belum lagi biaya untuk praktikum, beli buku, atau biaya lain untuk menunjang kegiatan belajar. Jumlah itu akan berlipat bila kuliah di fakultas kedokteran swasta.


Siapa yang bertanggung jawab ?
Selama ini pembiayaan di fakultas kedokteran hanya bergantung pada uang kuliah yang dibayar mahasiswa dan dana yang disediakan pemerintah. Namun, selama ini pemerintah menganggap fakultaskedokteran itu dianggap sebagai fakultasyang kaya, jadi tidak perlu disubsidi. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.  Biaya yang tinggi tentu saja menimbulkan dampak negatif. Pertama tentu saja kesempatan menjadi dokter bagi anak yang cerdas namun kondisi ekonomi yang terbatas, sangatlah kecil. Di sisi lain, dengan modal dana yang besar, kemampuan otak tidak lagi menjadi ukuran.
Kedua, akan muncul dokter yang berorientasi hanya mengejar keuntungan, dan melupakan falsafah dokter yang bertujuan menolong pasien tanpa melihat pasien itu mampu atau tidak.
Apa solusinya ?
Meskipun demikian, masih ada jalan keluar dari permasalahan tersebut. Anak yang cerdas dan bisa masuk ke fakultas kedokteran negeri dengan kepandaian yang dimiliki masih bisa mendapatkan subsidi. Salah satu sumbernya bisa berasal dari alumni, seperti yang terjadi di FK UI, terdapat program orang tua asuh. Belum lagi adanya kemungkinan mendapatkan beasiswa, atau pengurangan biaya pendidikan. Di fakultas kedokteran UNSRI sendiri beasiswa ini sangat membantu bagi mahasiswa kedokteran dengan ekonomi terbatas.

Peran pendidikan informal, terutama pendidikan spiritual/ agaa dari orang tua sejak kecil di rumah sangat besar! Kemudian peran genetik yang mempunyai seorang mempunyai bakat generous nature(dermawan yang alamiah) juga tidak kalah pentingnya. Titulah yang menetukan seorang dokter menjadi komersial atau tidak dikemudian hari.

Popularity: 100% [?]

185 thoughts on “Mengulas Biaya Sekolah Kedokteran yang semakin mahal

  1. assalamualaikum,,
    ya seh mungkin dokter memang mahal bgt,,
    tp apa g dkasih ksempatan bagi qt yg bener” g sanggup biayax,tp sanggup kemampuan otaknya,,
    untuk menjadi seorang dokter itu kan nggak harus kaya untuk ngobatin orang,tapi otaknya yg digunakan,,

    bisa g ya perguruan tinggi itu lebih memberi peluang pada anak” yg kurang mampu untuk menjadi dokter yg baik,,

    terima kasih

  2. Saya di http://infoindonesia.wordpress.com juga tengah membahas biaya sekolah yang mahal.

    Menurut saya sebetulnya bisa dibikin murah.
    Misalnya untuk beli mayat buat operasi. Kalau dokter bedah atau yang melakukan operasi mungkin harus beli mayat.
    Tapi kalau cuma mau jadi Dokter Umum, Dokter mata, atau dokter gigi apa perlu beli mayat juga? Nah dari sini biaya beli mayat yang jutaan rupiah bisa dihapus.

    Kemudian ruang kuliah apa harus AC? Apa tidak bisa diganti dengan ruangan yang ventilasi bagus dengan pepohonan rimbun yang menaungi hingga sejuk? Dari sini biaya AC/Listrik bisa dipangkas.

    Jadi biaya itu tidak harus mahal. BSI saja yang tidak dibiayai pemerintah bisa memberikan biaya cuma Rp 980 ribu/semester. Masak PTN yang sudah disuntik uang ratusan milyar rupiah/tahun tidak bisa lebih murah.

    Agus Nizami’s last blog post..Biaya Sekolah yang Mahal – Uang Buku Rp 1 Juta/Semester

  3. sangat meprohatinkan bgt…. dlu saat saya masuk FK masih 4 jutaan itupun bagi keluarga saya sudah sangan dan amat berat… dengan SPP 800 rb / semester. dan saat ini adik tingkat saya masuk FK di Univ saya kuliah biaya kulnya 265 jt… bener2 gila.. padahal lulus kedokteran ga mesti jadi dokter… dan gajinya juga tetep aja kecil…. seharusnya bagi penguasa akdemik di FK tolong di perhatikan…… kasian mereka yg pintar tp ga mampu…. kenapa uang harsu berkuasa…… hasil akhirnay adalah masyarakat yg merasakan.. lulus kedokteran hanya uang….. uang….
    dengan biaya kesehatan yg ga jelas….. dan seperti rentenir…..

    DM. nadia, S,Ked….

  4. Pasti akan turun harga jika tak ada orang yg mau masuk FK.

    Omong-omong mengerikan sekali, ya? Tidak manusiawi sekali.

    @ Nadia
    Masak sih 265 jt? Itu biaya masuk kuliah saja atau sampai akhir kuliah?
    Kalo hanya masuk kuliah saja biayanya sudah segitu gede, mending kuliah di LN sekalian.

  5. Gw percaya kok kalo biaya di kedokteran bs smp 200-an jt.Kan di univ negri (kyk almamater gw) skarang ini ada byk jalan menuju FK impian..Di samping jalur reguler (yg udh mulai lmyn mahal dibanding wkt gw kuliah dulu), ada jg jalur khusus disebut jalur kemitraan yg terdiri atas 2, yaitu jalur kmitraan kls reguler (biaya msk 100 jt, di luar uang SPP dll) n jalur kmitraan kls internasional/pengntar kuliah berbhs Inggris (biaya msk 150 jt, jg di luar SPP dll)….

  6. saya juga, setelah tamat s1 statistika pengen lanjut ke kedokteran, ya ampun tapi biaya nya mahal sekali, karena udah pasti kan saya ikut yang swasta atau minimal yang SPMK, padahal niat ku untuk masuk kedokteran besar sekali.. yah ,emang banyak sekali orang yang cerdas terhalang biaya, padahal bisa jadi mereka2 membuat suatu analisis dan temuan2 baru di bidang kedokteran, Anak Indonesia, keren kan? dibanding sekarang, sebagian banyak yang jadi dokter karena gengsi2an (ini terjadi beneran), kedokteran dianggap sebagai fakultas teratas dari semua jurusan, sehingga, orang yang modalnya besar (stuju banget dengan comment diatas yang uda ngebahas ini),tapi justru masuk ke kedokteran yang boleh dibilang termasuk sulit ini, akhirnya, gak jarang banyak mahasiswa kedokteran yang mall praktek dimana2… gimana nih,,, kan kasian para pasien, apalagi nyawa tidak terjual dimana2…
    siapa yang tau, dimana bisa mendapatkan beasiswa kedokteran? saya ingin sekali melanjutkan ke kedokteran. jika ada yang tau, harap hubungi saya di email saya : aanin_cc@yahoo.com.. tolong banget yah… seneng skali bergabung di situs ini,, trimakasih

  7. nambah,, walau belum tentu saya termasuk orang yang cerdas, tapi saya akan berusaha keras jika jalan ke perkuliahan saya di kedokteran bisa terbuka. Amin. untuk itu saya mohon bantuan teman2, sapa tau ada yang bisa ngebantu saya untuk info mengenai ini. trimakasih…

  8. Serius sampe 200 jt-an??
    KLo fkG brP y??
    Farmasi ato Kdktran y??
    Tp

  9. lagi nyari info biaya masuk FK nih, klo gini kasihan deh ortu q, padahal adeq q pengen banget masuk FK.. kayaknya nggak jadi dokter gak pa pa .. banyak profesi lain yang lebih mulia ..

  10. saya alumnus FK swasta angkatan 00 di bandar lampung….biar saya aja yg terjebak dlm hitamnya dunia pendidikan(yayasan rentenir biaya jadi FK)..kuliah 5 thn ditambah koass 2 tahun,mungkin biaya total kurang lebih 400 juta..

    sekarang saya dengar uang masuknya aja bisa sampai 150juta..spp perbulan 1,5juta/bulan untuk kuliah dan koass.saat saya dimedan uang koass yang masuk ke RS tiap stase hanya 180rb,sisanya kmanaa…

    Dokter hanya untuk orang kaya,gmn saudara kita yg tdk mampu ingin jadi dokter.

  11. Subhanallah sekali,,,ngeri gw denger biaya fk sebegitu mahalnya…tapi terus terang saja emang kenyataannya seperti demikian,,,
    tapi gw masi Alhamdulillah walaupun gw kul d swasta biaya masuknya ga nyampe ratusan juta gt, tapi g bisa d pungkiri juga temen2 gw ada juga yang bayar ampe ratusan juta karena uang sumbangan tambahannya yang gede, karena d kampus gw g secara nyata ada jalur khusus / jalur kemitraan ato apalah namanya…yang da hanya “sumbangan tambahan”,,,
    Dengan uang yang masi d bwh 100 jt pun ortu gw dah kelabakan maklum gw hanya anak seorang petani biasa yang merindukan sebuah mimpi jadi dokter,bahkan ketika gw di terima d Fk bokap gw g punya uang 1 jt pun padahal waktu registrasinya g lama,tapi Alhamdulillah paman gw bantu jadi dia ngasi pinjaman,,,,,rezeki emang g kemana,walaupun itu pinjaman tapi teramat sangat membantu,,,yakin saja ALLAH TIDAK PERNAH TIDUR lah,Allah akan senatiasa mendengar do’a setiap hambanya,,,,bokap gw sich pernah bilang klo uang bwat biaya sekolah/kuliah Alhamdulillah suka mudah walaupun pinjem kesana kemari,tapi beda halnya klo pinjem bwat kebutuhan sehari2 ,,,,o ya bokap gw pun pernah bilang kuliah mahal pun klo ada uangnya ya g masalah begitupun sebaliknya kuliah murah pun klo g ada uangnya y mahal juga,,,,,
    bwat antum2 yang mu masuk fk jangan down dulu,coba dulu lah,,,,masi ada lah secercah kejujuran,,,antum g perlu bayar semahal itu ko,yang mahal itu yang masuk lewat jalur khusus/kemitraan/kelas internasional…..
    karena terus terang saja bokap gw pun dulunya g ngijinin gw msk fk karena y denger2 biaya kuliahnya katanya bisa nyampe abis 1 M,karena tetangga2 gw yang anak2 nya kuliah d fk ngomongnya terlalu berlebih,padahal mungkin saja anaknya itu masuk lewat jalur yg non regular sehingga butuh ngeluarin banyak biaya….ayo bagi antum2 yg mu masuk fk jangan putus asa,try it okay…..Wallahualam

  12. bingung masalah biaya mau masuk fk??
    coba masuk ptn lewat smptn bisa lebih ringan.
    ada bantuan 100% lulus.
    seandainya berminat langsung kirim email

  13. to: smptn tim…
    mas maksud ikt snmptn ada bantuan 100% lulus apa?
    bales

  14. Ya Alloh..Biaya msk kdktran mhal bnget ya..!Pdhl sy brminat jd dokter wlupun ibu sy hny seorng PNS dan ayh sy seorng ptani,tp sy tdk pnh brhnti untk brmimpi. Tolong dong kpd phak yg trkait agar biaya Msk fk mrah walaupun sy skrng msh kelas 3 SMP. Skrg aja udh 265jt gmNa entr pas sy msuk? GilaAaAaAa sbnrny wras ga tuh. Pantes aja orng Indonesia bodoh biaya pendidknny mhal bngeEeET.Y udh deh buat oranga kaya selmat jdi dmaja a,q mah ga ada harapaKAPAN dong indonesia MAJU?

  15. saya da lulus dokter.dr univ negeri.jalur spmb murni. jd gak mahal. sama kayak fak lain. jadi jgn jadikan biaya jd alasan u/ mundur jd dokter. but keep fight. belajar yg rajin. n berdoa yg khusuk ya…..pokoknya usaha dl lah…jgn pesimis sodara2

  16. Ya…Itulah realita sekolah kedokteran di zaman sekarang ini….
    Zaman sekarang ada istilah, orang miskin dilarang sekolah tinggi..tinggi…
    Tapi jangan patah semangat bro…

  17. sabar teman. . Niat qt untk menjadi seorang dktr yg tulus sedang diuji. .
    Sy yg hny anak seorg satpam dan IRT yg pny adk 2 yg masi smp saja tetap smangat menjalani kul d fk. .
    Rejeki seorg ank untk sekolah pasti ad aj,qt hrz ttp optimis y wlwpun sy sering menangis mlihat klwrga sy sllu kerjakeras untk kuliah sy. .
    Dsni sy kasi biaya rincian kul d fk unila yg angktan 08,syptw b’manfaat:
    -uang msk utk snmptn/pmdk reguler:50jt (tp dngr2 untk ang.09,60jt)
    -uang msk untk pmdk mandiri/non reg/jalur khsus: >50jt

  18. sambungan. .
    -spp per semestr untk smw jalur :1.950.000
    -stlah itu g ad bnar2 g ad biaya lg,cm byr pas mw coass nanti sktr 10jtan..
    *nb :untk uang msk dbayar ny 50% dsmster 1,dan 50%dsmstr 2. . Slaen itu qt bs ngajukn pnundaan/pencicilan pmbyaran uang msk dgn mngajukn surat k rektorat,wlwpn jarang dkabulin..

    Smg brmanfaat bwt anda2 skalian. .

  19. yupz ! sekolah smakin muahal .
    dulu yang bisa sekolah orang pintar, sekrang yang sekolah orang yang punya uang. mau di kemanakan pendidikan negeri in ????

  20. Saya kuliah di UI angkatan 2004 masuk lewar jalur SPMB. Waktu jaman saya masuk, admission fee-nya 25 juta. Tapi ini masih bisa dinego, tergantung penghasilan ortu. Bahkan, ada teman saya yang gratis, ga usah bayar admission fee. Klo untuk SPP per semester 1.650.000, ga usah bayar uang praktikum dan SKS lagi.

    Klo biaya tahun ini setau saya, Admission fee masih ada dan masih bisa di nego. Hanya saja saya tidak tau berapa admission fee tahun ini. Klo untuk SPP, UI menerapkan subsidi silang sehingga besaran SPP tiap mahasiswa berbeda-beda sesuai penghasilan orang tua dengan range 100.000-7,5 juta. Untuk SPP tidak bisa digratiskan. Tapi tenang saja, untuk mahasiswa yang kurang mampu ada beasiswa dari UI, pihak fakultas pun sangat membantu.

    Jadi, buat teman-teman yang mau masuk FK jangan takut dulu. Banyak jalan supaya teman-teman bisa kuliah..yang penting belajar supaya bisa tembus ujian masuknya.

  21. Dear All,
    Sorry ikut nimbrung niyy..
    Saya mo tanya2x ttg kuliah d Kedokteran niyy..
    Adakah ketentuan khusus yg membatasi Usia maksimal tuk menjadi seorang dokter? coz’ belakangan ini saya sangat tertarik tuk mjd dokter meskipun sudah hampir 10 th bkerja d dunia Telekomunikasi & Operator Telekomunikasi terbesar sesuai dgn pendidikan saya sbg seorang Engineer.
    Please infonya dunks’.. & sekaligus info Universitas yg recommended yg bisa mengakomodir cita2x saya tsb. tp dgn biaya yg masih realistis, meskipun bukan Universitas Negri:) krn saya kan bukan anak SMA yg baru lulus, jd udah ga mungkinlah tuk ikut UMPTN lg ..hehe:p
    Sebelumnya thanks a lot yaa tuk info & sharing pengalamannya…^^

  22. Asssalamu’alaikum semuanya,,,
    mw ikut nimbrung nih,,,
    saya juga pengeeeeeeeen bgt33x jadi dokter…
    tapi SNMPTN taun ni saya malah dapet di Arsitektur UI.
    Hiks sedihnya,, usaha saya masih blm berhasil. kira-kira ada ga ya fasilitas pindah jurusan di UI?? tapi kyanya ga ada n harus ikut ujian masuk lagi…T_T
    Bwt temen2 semua,, mari kita berusaha meraih impian jadi dokter. untuk temen2 yang bakal ikut ujian masuk PTN taun depan,,, SEMOGA QTA SEMUA DITERIMA DI FK ya!! Mari sama2 membuat INdonesia become a better place for us…
    SEMANGAAAT!! buat kk2 yang udah ditrima di kedokteran… mohon doanya ya… semoga saya dan temen2 diperlancar… makasih. Wassalamu’alaikum

  23. yah memang miris melihat yang seperti itu.
    biaya pendidikan sekarang semakin mahal.

    6th lalu ketika saya masuk FK UNAIR th 2003, biaya administrasi masuk 300rb, spp 700rb/smtr, ditambah biaya sumbangan minimal 5jt.
    mungkin jumlah tersebut terlihat tidak banyak bagi kebanyakan orang, namun seiring waktu, semakin jauh arah studi, semakin banyak biaya terutama dalam hal buku, textbook2 yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah, yang memang pada akhirnya memaksa mahasiswa tetap menjadi mahasiswa (baca: fotokopi buku2 demi kelangsungan studi dan kelangsungan hidup)

    yang lebih miris lagi melihat kenyataannya sekarang bahwa lulusan dokter baru (fresh graduate), secara income pekerjaan akan kalah dengan lulusan2 S1 dari field lain. jujur saja: berapa sih gaji dokter fresh graduate yang bekerja di klinik2?? jauh berbeda dengan para bachelor dari bidang2 lain. secara sarkastik, bahkan tidak lebih tinggi dari tukang parkir di klinik tersebut.

    yaaah, apa daya, akibatnya kebanyakan lulusan dokter2 baru akhirnya memutuskan untuk sekolah lagi (bagi yang berkesempatan) ataupun PTT….

    apapun itu, apapun pilihannya, dengan cara yang baik dan jujur, semoga menjadi yang terbaik bagi kita, bagi lingkungan, bagi sekitar

    salam kenal TS,
    saya Erich S. Subagio, DM Unair menunggu judisium, menunggu nasib sambil terus meraba-raba jalan yang tepat

  24. NB: saran bagi kawan kawan yang berminat masuk ke dunia kedokteran, jika boleh saya share pengalaman pribadi dan masukan2 dari sekitar:

    1. Univ. negeri tampaknya menjadi pilihan yang tepat u/ kuliah kedokteran, selain biayanya yang (relatif) lebih murah, masa studinya pun (relatif) tidak bertele-tele.

    2. Jangan terlalu khawatir dengan masalah biaya, percayalah, pasti ada jalan asal ada kemauan dan usaha. Uang sekolah: univ negeri cukup terjangkau, Buku: fotokopi masih menjadi pilihan bagi para mahasiswa, Biaya praktikum: saya tidak ingat pernah membayar biaya ekstra u/ praktikum karena saya di univ. negeri.

    3. yang lebih penting untuk menjadi pertimbangan adalah NIAT pribadi, artinya bukan karena dorongan orang tua atau lingkungan atau apalah sehingga anda ingin masuk kedokteran. kuliah kedokteran bukan hal yang mudah, namun bukan hal yang susah pula, tergantung bagaimana kawan2 melakoninya dengan keinginan sendiri.

    4. jangan pernah berpikir bahwa menjadi dokter adalah enak, banyak uang, santai dan bersih pekerjaannya. kenyataannya: menjadi dokter adalah berat, perlu dedikasi tinggi, dan bila berbicara masalah banyak uang??? tunda dulu hal tersebut, ingatlah akan tanggung jawab yang lebih berat akan nyawa orang lain, kesehatan orang lain

    as the conclusion: menjadi dokter adalah sebuah pilihan, menjadi dokter adalah sebuah tanggung jawab

  25. walaupun gw masih kelas 7 smp,tp cta2 gw utk menjadi seorang dokter udah kekeh,tapi gmn donk biya kedokteran mahal skaleeeee,klo d pkir2 ortu gw kurus mndadak!ia sih skarang udh ada beasiswa ,tapi mungkin pesan utk pemerintah usahain but cra yg lbih bnyk lg spaya cta2 dari anak2 bsa tercpai,AMIEN!

  26. saya sdh duduk di kls 2 SMA, dan dr saya sndiri maupun ortu sdh berniat utk masuk ke FK, tapi kalo boleh tau kira2 FK dr univ mana yg dari segi biaya yang termurah?

    saya pernah mendapat info dr seorang sumber bahwa univ Atmajaya termurah? terlebih di tahun belakangan ini kualitas serta terjaminnya biaya FK di Univ negri semakin berkurang, apakah benar?

    thanks before.

  27. semoga kalian semua jd dokter yg punya hati nurani.jgn cuman mikir duit mulu…..!?!

  28. ya…ampun mahal bgd
    reNcana’y c sTelah lu2s kUliah keBidanan kpengen Lanjutin keDokteran,tPy sTelah d piKir2 biaYa’y maHal bgT dan apa mungkin meNcapai 200jt an,,,tPy aQ kpgn bGt jaDi doKter aNak….
    masih bNyk jLan lain mNuju k Roma

  29. Ya alloh, ,
    mahal banged utk masuk FK? ? ?
    Padahal saya kpengen bgd jd dokter,gmana nich carany? ?
    Kalo tmend2 ada yang puny info rincian biaya FK, tolong infony donk. .
    Thankz

  30. assalammualaikum….
    iyyaaaa bener bgt …
    saya juga pengennn bgt bisa masuk ke FK ,,
    tp ya gitu….

    please donk.. info beasiswanya dari temen2 semuanya ….

  31. ass..
    yaampun biaya masuk FK mahal bgt :(
    aku pgn bgt msuk kedokteran dan orang tua jg sngt mendukung, cuma dr segi ekonomi keluarga aku bisa dibilang sangat” sederhana.
    dr hati yg plg dalam niat aku tuh besar bgt bwt jd dokter, tp skrg malah jd mikir berulang” kali karena biayanya itu yg terlalu besar.
    tolong dong kasih aku masukan, skrg aku udh kls 3 SMA insya ALLAH sbntr lg lulus, amin
    mohon masukannya yah :)
    terimakasih

  32. Wah …….. akan jadi apa ya negara ini. Kenapa rakyat akan maju dan ingin sekolah lebih tinggi namun biayanya begitu mahal ? khususnya untuk FK, andaikan kita memiliki banyak dokter tentunya banyak yang membantu pemerintah untuk menyehatkan anak bangsa. Tolonglah dikaji ulang lagi untuk universitas2 itu biayanya jangan terlalu mahal

  33. masya Alloh……………..

    I want to be a doctor…tapi gmn???dg biaya yg semahal itu, apakah orang tua mampu …..

    dan bagaimana dg anak2 yg pintar dan hny krn faktor ekonomi tdk mampu???

    apakah u/ ke dpn,hny anak2 dr golongan orang kaya sj yg bisa mnjd dokter???saya butuh penjelasan mengenai biaya melalui UM dan SNMPTN….
    merci beaucoup…..

  34. masya Alloh…………..

    I want to be a doctor…tp bgmn dg biaya yg semahal itu???
    apakah orag tua saya mampu,…
    dan bgmn dg nasib anak2 yg pintar tetapi hny karena faktor ekonomi yg kurang mampu,.. shngga cita2 mereka tdk tercapai.

    apakah u/ ke dpannya hny anak2 dr kalangan orang yg mampu yg bs mnj dokter???………..

    saya butuh penjelasan mengenai biaya melalui jalur UM dan SNMPTN.
    MERCI BEAUCOUP……

  35. Knapa biaya masuk kedokteran tahun 2010-2011 mahal, padahal yang di butuhkan untuk masuk FK kan otaknya yang mampu, bisa g biayaya masuk kedokteran tidak mahalll

  36. waduuuhhhh mahal bangt ya biaya kedokteran sampai ratusan juta … mungkin untk orang yang mampu dapat membiayai fakultas kedokteran denagn 1m,2m,3m beberapa pun cara uang yng dikeluarkan, tp bagaimna dengan orang yang pas -passan….
    kasian bnyk orang pintar kini terhalang menjadi dokter karna biaya nya…. oh ya mnmng kalu sdh kuliah d fakultas kedokteran mnmng sdh terjamin pasti masuk..
    thanks sebelumnya….

  37. iya ya, fakultas kedokteran sangat perlu bnyk uang dan cukup dapat mempunya modal otak yang tinggi….

  38. arrrrrrgggggggggghhhhh
    bnr banget tuh k’k gw aja kuliah fakultas kedokteran biaya nya memang relatif mahallll………
    pantes aja klu berobat kedokter sangat mahal itu karna biaya nya masuk dokter jg mahal….
    saya ja nampal 2 gigi kedokter gigi sampai 3 ratus ribu blm obat nya tablet seratus ribu mahal kaleee

  39. hai sobat,, para calon dokter (amin) n yang ingin menjadi dokter.

    Saya jg merasakan hal yang sama. Tahun ini (2009) alhamdulillah saya diterima di salah satu fak.ked negeri favorit di Indonesia. Anggapan bahwa untuk masuk FK butuh biaya yg mahal memang tdk slh. Byk jalur untuk masuk FK.

    Saya telah mencoba berbagai jalur untuk menembus FK. Awal niat saya, saya tidak mau membuat orang tua saya susah cz ngeluarin uang byk gara2 ambisi saya jadi dokter. Saya belajar keras, belajar, dan belajar. Alhamdulillah prestasi saya di SMA lumayan membanggakan. Dengan modal itu, saya sangat PD untuk tembus PMDK Prestasi atau SNMPTN. Namun nyatanya saya tidak didrima lewat jalur tersebut. Saya memang sedih. Sempat terpikir untuk buat mengubur impian saya dan pindah ke pilihan ke dua.

    Tapi ortu, dan pihak yang mendukung saya terus mensuport saya, “Manusia hanya bisa berusaha, tetapi Tuhan yg menentukan”. Masih banyak jalan untuk menembus pintu FK. Saya jg ingat kata2 guru saya bahwa “Terkadang orang yang pintar kalah dengan orang yang beruntung”, sempat pula saya terpikir bahwa saya ada pada posisi itu.

    Setelah itu saya tetap pd impian saya, menjadi seorang dokter. Jujur masuk di universitas swasta bukan impian saya. Tp karena takut tdk dpt kulia, saya mencoba msk ke univ. swasta yang terkenal FK nya dan terkenal mahalnya. Yaa,, saya diterima seleksi pertama melalui tes tulis. Namun untuk tes ke 2, wawncara, saya sgt ragu. Menurut cerita banyak orang, univ. swasta itu tidak main2 kalo meminta sumbangan. Kembali saya putus harapan. Hanya hanya bilang pada ayah saya sblm ayah nerangkat wawancara, bahwa saya yakin ayah pasti memberikan yang terbaik untuk saya. Sebelum wawancara, ayah membawa semua piagam2 lomba yang perna saya menangkan dan rapot2 saya. Ayah saya jujur apa adanya mengatakan bahwa anaknya ingin sekali masuk ke FK. Dan keajaiban terjadi, pihak yang mewawancarai ayah saya mengucapkan selamat dan saya diterima di Univ. Swast yg terkenal mahal itu dg biaya MINIMAL, sekitar 56juta. Padahal rumornya kalo tidak diatas 200juta, tidak mungkin diterima.

    Saya sgt senang,. Tp ibu saya tetap kekeh ingin saya masuk univ. neg. masih ada satu jalur lagi, yakni UMUM untuk diterima di univ tersebut. Yaa memang sgt prestise masuk di univ itu dan apa lagi univ itu tdk mengandalkan uang. Lewat jalur apapun harus tetap dg TES. Sayapun menghapus image DENGAN SUMBANGAN BESAR, ANDA PASTI DITERIMA. Percaya tdk percaya, saya mengisi sumbangan minimal dan alhamdulillah saya diterima. Memang minimalnya saja 150jt, tp saya memilih msk FK negeri, karena perhitungan dg biaya lain2nya.

    Kalo di swasta memang hanya 56jt, tetapi blm termasuk biaya praktek, beli kadaver (mayat), biaya SKS, perbaikan, dll. Tp dinegri semua sudah termasuk.

    Awalnya saya memang ragu, tp ortu kembali mengingatkan bahwa, “Ilmu itu mahal dan selalu ada jalan untuk mencari ilm”. I decided to choose PTN.

    Yang harus kita hapus adalah paradigma bahwa FK mahal. Kalo anda bisa masuk lewat SNMPTN atau PMDK prestasi, biayanya sgt murah. Atau jika memang anda sudah berniat seperti saya, tidak apa2 ikut melalui jalur umum. Percayalah dg sumbangan minimal tidak masalah, yg penting nilai anda bagus. Dan yang terpenting bagaimana anda bisa menjalani kehidupan setelah anda diterima di FK. Anda tidak hanya memikul tanggumgjawab untuk diri anda, tp juga orang tua, almamater, dan negeri tercinta.

    SEMANGAT..

  40. kenapa si biaya kedokteran mahal banget??? sebenernya untuk apa saja uang sumbangan itu???

  41. aduuhh kaget dengernya juga padahal lulus sekarang saya mau masuk fk saya pengen banget,,knpa ya mahal bangt???mudah”an ALLAH ngasih jalan wat q masuk fk.amin………….

  42. FK di UNS kalo JALUR SWADANA berapa yah????????/
    aku pengen bgt masuk situ

  43. .Pdhal gue pengen buangett jDi Dokter..
    .Tpi biaya msuk FK aZ udahh mhaLL buangett..
    .Gue jdi kzhan ma ortu gue..
    .Ap lge gue mzih klaZZ 1 smp, ,bza2 mkin lma msuk FK mkin mhaLL

  44. dunia pendididkan sudah benar benar menganut paham kapitalisme. mau dibawa kemana nanti bangsa ini, ketika pendidkan udah belajar jadi plagiator, maen uang, kalo dah jadi pejabat mungkin jadi koruptor. masaallah…..

  45. UNS swadana total 130jt an.. Tp krn gi bangun gedung 8lantai (fondasi aj ud 8M abis), taun ini kyknya jalur PMDK n SNMPTN aga mahal sumbangannya..
    Cr murah sih SNMPTN, setau sy UNS UNAIR cm belasan jt.. Tp ksempatan hny 2x.. Jd yg uda lewat 2th sjk lulus, yaa.. Swasta.. Kalo kberatan masi ada beasiswa..
    Beli cadaver tu kalo UGM UNS kyknya udah ga ada.. Entah dipengaruhi sistem blok ato gmn.. Klo d UNAIR mungkin masih tp yg beli mungkin(lagi) PTNnya..

  46. aduh…..
    kok mhal bgt ya biaya msuk FK…
    slain jlur snmptn jlur aplgi yang bisa lebih murah…
    gw pgn msuk fk tp bgung biayanya sedangkan orang tua gw pas2an…

  47. ass… mohon infonya, sy berniat kuliah di FK, tp insyaallah thn ini sy baru lulus D3 kebidanan depkes yg lumayan murah, ktny masuk FK jalur smptn lebih murah jg, tp bwt lulusan sma 3 thn yg lalu masih bs ikut smptn g? dan dianjurkan univ mana ya? kalo diliat dr pertimbangan biayanya jg, ato ada cara lain masuk fk untuk kasus saya? tapi yg biayanya agak ringan jg, trims

  48. lnjtin ah.. mnkmt 3 thn kul di akbid trnyt jadi dr dirasa suatu kbthn, ‘n sngt sdr jg bhw rsk ‘n bebanny lbh bsr, pengalaman slm di lpngn, sngt sulit skl mnmkn dr yg mm sesuai hrpn msyrkt terutm di desa (tp ‘ada’ jg dr oke) ckp mngcwkn, g’ jrng nyawa ibu tersiasiakan bgt aja, krn ketdk brtnggngjwbn seorang yg tlh dbr wewenang lbh, sbnrny bidan bknny tdk mampu, tp wewenang bidan yg amat sngt TRBTS, ujungny sll b’ursn dgn hukum itulah di INDNS pdhl qt tgn prtm yg brhdpn lngsng dgn masyrkt, so mhn infony..

  49. kata siapa semua pendidikan kedokteran itu mahal..??

    kalo swasta ya jangan tanya.. tapi kalo negri saya rasa tidak.

    biasanya para pendaftar langsung ciut dulu ngeliat pembayaran awalnya mahal.. padahal, kalo pendaftar udah lulus seleksi masuk FKUI misalnya, semuanya bisa diatur, tinggal bikin permohonan atau pengajuan pengurangan biaya, atau penundaan, atau pembebasan biaya.. insyaAllah bisa sekolah kok kalo memang pintar (lulus tes) dan memang layak untuk dibantu dalam segi keuangan..

    jangan terlalu menganggap tinggi kedokteran dan terlalu pesimis dari awal.. kalau mau berusaha sedikit lebih positive-thinking, pasti akan lebih baik..

  50. JANGAN MENYERAH
    Mari Membeli Masa Depan

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  51. missi,
    ikutan ja akh,
    aku uda coba tes kedoterannya, tinggal tunggu hasil tesnya aja,
    tapi, ada yang bikin aku kaget banget, rata” orang tua yang masukin anaknya tes kedokteran itu menaruh uang sumbangannya 200-450 juta, Aku kan jadi kaget.
    yang menaruh uang sumbangan sebanyak itu udah pasti di terima, katanya,!!!!
    Buat apa sih uang sumbangan sebanyak itu???
    1.buat bangun kampus( itu gak mungkin) kampusnya kan udah ada.
    2. Buat biaya kita praktek( itu gak mungkin, kita peraktek pake biaya sendiri)
    3. Buat kita koass nanti ( ya enggak lah,ko ass itu lain lagi duitnya)
    4. Buat uang kita kuliah mpe tamat ( itu lebih gak mungkin ).
    so,
    buat apa sih uang sumbangan sebanyak itu????
    buat di bagi-bagikan kali yaaaa.
    hehehe.

  52. hehehe. cuman becanda loooh
    jangan ambil serius,,,
    kidding ;-)
    :-) ;-B
    yang penting ,
    tetep semangat mengejar impian kita,
    cayo, pantang menyerah.
    hehehe,,,

  53. wow…..
    gmana neh????
    bingung law mahal
    aq pengennya kul d fk ugm
    pi mahal bener
    padahal aq kan pengen banget
    mahal ga biaya nya????
    sebel

  54. gmn gga plajar indonesia pd kabur ke luar negeri org kedokteran d.luar terutama di eropa jauh lebih murah n uga fasilitas nyah jauh lebih bagus dr indonesia!!!!

  55. Waduh, mahal bnget untk kuliah d fk !`gmna y, ortu sya jika saya msuk fk, bisa ptus stngah jlan nnti, , , ! Cuman untuk anx orng kaya sja ynx bsa msuk, ! Tlong dunx kmi ynx krng mmpu.

  56. saya jg mw berjuang msk pend.dkter unair lwt SNMPTN ,cz ga pny uang smp 150 jt . . Doakan ya . .
    Masalah biaya belakangan , PENDIDIKAN ADALAH INVESTASI . .

  57. Wah sekarang FK mahal baget ya! jaman gw dulu tahun 2001, duit masuk cuman 500 ribuan, spp cuman 360ribu,plus uang POMD 90ribu per tahun ga pake uang praktek2an, buku kopi punya teman, pas koas cuman bayar spp doang. kadang2 masih di kasih makan sama rumah sakit. fasilitas lengkap. g pake acara beli2 kadaver sgala. mahasiswa belum membludak seperti sekarang. Alhamdulilah sekarang lanjut spesialis lagi dengan biaya pemerintah.

  58. Wah jngan malal bngetlh pdhl aq mau msk, tolong pemerintah turunin

  59. aku uda mau naik kelas 12 sma d sma swasta bekasi, kata mama saya yg ikut pmdk kalo 10 besar dr kelas 10 sampe kls 12 SMA ( slm 3 tahun). Tpi kls sya itu ada d kelas yg ipa 1 kelas terpilih, dr kls 10 saya ada d kelas itu, jd krna saingan yg pda pnter” dan saya berkemampuan pas2an, saya g dpt dah tuh 10 bsr dr kls 10.

    Tp sy bkl coba moga” d kls 3 ini saya bs dpt nilai yg bgus,

    gw mw bgt msk fk d UI KLO bsa klo g d UGM tp dr td gw dpt info ttg biaya g pasti, tlong dong ksi tw biaya yg psti dr 2 fk UI ama UGM,

    bokap nyokap gw jg pas2an, jd mereka g bgtu stuju gw msk FK mreka lbh nyuruh gw msk teknik/hukum, tp gw akan brusaha buktiin mereka bsa msk FK melalui jalur2 apa aja bkal gw hadepin PMDK ato yg lain2.

    Ttp lah smgt all klo g da biaya kta bsa pnjam duit dr bank, dan kmudian kta gnti pas kta uda jd dokter nanti…..

    Ingat pepatah yg smp skrg masi sangat berlaku ” berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian ” :-)

  60. Yupz, kuliah kedokteran emang termahall
    Disamping,
    Sumbangan wajib yang begitu besar ( bisa sampai ratusan juta rupiah)
    ,Di beberapa universitas, saia dengar dar rekan2 saia ada praktik CALO dosen/oknum2 di univ tsb thd Calon2 mahasiswa kedokteran,dengan mewajbkan mereka menyumbang ( sumbangan sukarela) dalam jumlah tertentu( sebagai pelicin masuk FK) yang konon biaya nya sangat besar ( puluhan-ratusan juta rupiah)

  61. memang jika ditinjau biayanya fk memang lebih mahal dari fakultas yang lain..tapi ngga semahal yang dibayangkan kok kalo masuk lewat snmptn..bisa lebih murahh..kalo lewat ujian mandiri sihh jangan ditanya…saat ini saya adalah seorang mahasiswa baru di fk negeri..
    @fahar
    bagaimana cara ngajuin spesialis dengan biaya pemerintah? mohon share infonya yaa…

  62. Saya lulusan FK Unhas 98, SPP waktu itu hanya 180 ribu rupiah dengan sumbangan tidak sampai 200ribu rupiah persemester. Tidak ada bayar praktikum.Sampai saat ini FK Unhas terkenal dengan keMurah-annya… Teman2 coba di FK unhas aja,sistemnya sdh bgs,gedung baru, teman2 yg baik,pokoknya ga kalah sama yg di jawa,skill kami jg tidak kalah.
    Carilah PTN Negeri

  63. hello dr ari.. betuul sekali Anda
    sekarang tugas dimana?

  64. Program/Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) memang PALING MAHAL, TIDAK MANUSIAWI dan TIDAK PUNYA SEMANGAT KEBANGSAAN, khususnya terhadap lulusan SNMPTN (bukan Mandiri atau sejenisnya.
    Sebagai gambaran bila dibandingkan dengan yang termahal, setahu saya, UI maka Unila mematok 62,5 juta atau hampir 2x UI, data lainnya lebih dari 3x UGM, 6x UNS, terlebih dibandingkan Unair lebih dari 10x-nya. Biang kemahalannya adalah pada SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi, atau apapun istilahnya) sebesar 60 juta. Ini menjadi buah simalakama bagi anak cerdas dan bagi orang tua yang tidak terlalu mampu (misalnya “hanya” punya 30an juta untuk SNMPTN) maka “KALAU ANDA TIDAK BAYAR, SILAKAN PERGI, INI KAMPUS KAMI”. Pertanyaannya, kemanakah rasa kebangsaan Unila ? Apakah hikmah penyelenggaraan SNMPTN bagi Unila ? Mendiknas yang mulia, bagaimanakah ini ?, rasanya Unila tidak terlalu prospektif untuk didukung oleh program nasional, antarkampus, terlebih kebijakan/birokrasi pusat. Imbauan kami, bagi anda lulusan SMA yang cerdas, jangan mendatangi FK (PSPD) Unila. Anda akan dizalimi, pilihlah FK lain yang lebih baik dan beradab.
    Anggaplah ini sebagai masukan bagi tamatan SMA, Unila, antarkampus, dan Pusat.

  65. betul sekali… bagaimana nasib bangsa ini kalau model pendidikannya seperti itu.

  66. tp akhir2 ini ada jg lho oknum2 masyarakat yg merusak harga masuk FK PTN hingga Rp 1 M padahal menurut teman2nya anak tsb terhitung di bawah rata2 wkt SMA.

  67. Peluang Belajar ke
    UNIVERSITY OF MALAYA
    The Leader in Research & innovation
    University of Malaya adalah universitas negeri terbaik yang ada di Kuala Lumpur dengan fasilitas – fasilitas yang lengkap dan terbaik untuk mahasiswa nya.
    University of Malaya memberikan pendidikan yang berkwalitas tinggi dengan taraf Internasional baik untuk S1 (Undergraduate), S2 & S3 (Postgraduate).
    Jadi tunggu apa lagi…….!!!!!!
    Segera Daftarkan diri anda ke University of Malaya
    Untuk Keterangan dan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi OFFSHORE OFFSHORE OFFICE kami di:

    faizal_fazil@hotmail.com
    Hp:+60126811987 (Faizal),

  68. pengen banget rasanya bisa masuk fk setelah lulus sekolah nanti.tapi….biayanya mahal banget…
    ngerasa gak sanggup dan putus asa rasanya….
    help me………

  69. Iya btul bgt. di jaman kyk gni hrusnya pmrintah itu lbh fokus kemasalah pndidikan dan untuk mslah politik harusnya lebih ga difokusin. daripada uang negara cma dihambur-hamburin, dikorupsi mendingan buat ngasih keringanan di FK. Aku nglihat-nglihat uang buat masuk FK aja udah mpe ngiler, bingung mau ngapain. takut ga bisa masuk FK.

  70. mau bagaimana lagi…. banyak anak cerdas dengan ekonomi rendah menjadi mengubur impian mereka untuk menjadi dokter… padahal siapa tahu mereka yang tidak mampu bisa merubah indonesia dalam hal kesehatan…..

  71. kalo soal biaya masuk fk mahal sih udah dari jaman aku msh smp. Meskipun bukan anak FK tapi aku tau kok betapa komersilnya masuk fk sekarang ini. Hampir semua PTN ada jalur komersilnya, bahkan di ptn di kota aku, jalur komersil itu aja udah dipenuhi sama “titipan”. Banyak kok anak yg sebenernya biasa – biasa aja malah di bawah rata – rata bisa msk fk lewat jalur itu asal berduit atau anak orang penting.

  72. Berapaya semua biaya jika ingin masuk kuliah di kedokteran?

  73. skrg aku kls XII IA cita-cita q emang mau jadi dokter
    tp mahal banget biayanya..
    nanya dong..
    kedokteran mana sih yang paling bagus d Indonesia??

  74. Kenapa segitu mahalx biaya masuk FK? Saya akhirnya jadi mengundurkan diri karena melihat kondiri keuangan keluarga yg tdk akn mncukupi bila biaya masuk kdoktrn sja smpai rtusn jt.. Pdahal keinginan utk bs mnjd plyan kshtan masy msh bgt mmbra..
    Akhrx sya thn ini msuk d poltek yg biayax mhl jg(pdhl wkt msuk k poltek dikatakan biaya murah)
    Tlong bntu sya utk bs mwjudkn cta2 sy,dpt FK dg biaya terjangkau. .

  75. saya masuk FKUI 2010 seme steran cuma bayar 5 juta ,kalau dihitung2 1 bulan kl.800 ribuan,tidak ada biaya apa2.makanya masuk jalur SIMAK,memang kalau PNS komersil uang sppnya seperti di atmajaya,untar kl.150 jutaan.

  76. saya seorang bintara polri.saya punya angan2 klo punya anak mau dijadiin dokter. tp ternyata cukup bsar jg biayanya. cukup ga ya gade sk ,.

  77. BIAYA FK UMS KIRA-KIRA TOTALNYA BERAPA YA KALO SAMPE SELESAI ???????? MAKASEH…

  78. Di luar negeri masuk fakultas kedokteran di uni negeri sangatlah murah, saya bicara tentang Eropa. Di terima tidaknya hanya berdasarkan nilai yang dicapai saat UMPTN. Tidak ada uang gedung, hanya uang kuliah biasa yang besarnya sangat masuk akal, kira-kira 1000€ per tahun, sama besarnya dengan biaya per tahun di fakultas2 yang lain. Kalau di uni swasta memang mahal, tapi tidak dipungut biaya untuk uang masuk alias uang gedung, jadi hanya uang SPP per bulan saja.

    Dari pada kuliah kedokteran di Indonesia yang sangat mahal, lebih baik dipakai untuk kuliah di luar negeri yang mutunya dijamin jauh lebih baik.

  79. Kira-kira kalo biaya buat kedokteran di UNILA ampe selesai termasuk sampai spesialis berapa yah????

  80. Sy mau nanya’,biaya fk.USU berp y..(dr msk smpe lulus)sbab sy klas 12-IPA yg ingn msk fk dgn gj org tua 5,2 jt.

  81. saya biaya ada tpi dri jrusan ips bsa gk ya..
    jdi dokter.. brharap banget..

    pling gk msuk ngeri..??d

  82. Menurut saya memang itu biayanya ga bisa dong dibandingkan dengan universitas biasa, fasilitasnya kan beda ?? Dosennya berkualitas, lingkungannya mendukung, memang heboh biayanya mahal, tapi kalau pintar kan bisa lewat jalur beasiswa, contohnya kakak saya yang dapat beasiswa. Dan lagi pula normal dosennya bergaji tinggi ga sia-sia belajar waktu muda,trus mereka juga butuh balik modal,dan udah tua mo menikmatin hasil jerih payah ga salahkan ??

  83. ya Allah keinginan sh gk slh” pgn jdi dokter dr kcl smpe skrg,
    eh tp pas sdh tahu kalau biaya kuliah di FK mahal bgt keinginan itu seakan memudar .
    orgtua pun smpe blg “sdhlh gk ush kuliah di FK toh kerjaan itu kan bkn cm jdi dokter” jdi sedih dngrnya .
    tp saya hrs trs berusaha untk jdi apa yg saya mau, toh nti ada” aja jlnnya . amin ya Allah

  84. pengen banget msuk di fk..
    Tapi kya’x susah jg ya.
    ada cara yang memudahkan saya utk bisa msuk fk ?

  85. InsyaAlloh di Unand masih relatif murah. untuk yg reguler tahun kemaren uang masuk sktr 8-9jutaan. semester Rp.1.050.000. klo Ekstensi (reguler mandiri) uang masuk sekitar 75-76 juta, semester 6 juta

  86. tolong dnk ksi informsi,kul kdokteran yg murah dmna y???
    uang msuk yg 10jt kbawah n smster sktr 2-3jt-an
    soal`a yg w dgr di FKUI uang msuk`a ja amp 100-200jt

  87. ADA ALLAH ..
    ADA ALLAH KAWAN , SAHABATKU …

    MARI KITA LURUSKAN NIAT , UNTUK APA DAN SIAPA ?
    DENGAN NIAT YANG BAIK , YANG DATANG DARI KEMAUAN UNTUK MENGABDIKAN DIRI PADA ALLAH AZZA WAJALA , INSYA ALLAH , ALLAH AKAN SENANTIASA MEMBUKA JALAN TERBAIK UNTUK KITA .
    DAN INGATLAH , BAHWA ALLAH MEMBERI APA YANG KITA BUTUHKAN ..
    BUKAN APA YANG KITA INGINKAN ..

    OPTIMIS ! ALLAH SELALU MENGIKUTI PRASANGKA HAMBA-NYA ..
    ALLAHUAKBAR !!!

  88. Huuffh padahal dah kepengen banget masuk FK, ngeliat biayax yg mahal jd pesimis. Tp aq mw b’juang msk FK krna qu tau TUHAN punya rencana yg indah bwt qt !
    Aq yakin pzti akan tercapai. Amien :)
    bwt pemerintah tolong dong jangan cuman mentingin politik tp lihat dulu dong rakyatnya yg lg kesusahan u/ bisa masuk kuliah !

  89. mahalllllllllllllllllllllllllllll,,,, kumaha ieu tehhhhhhhhh?????????? dapat beasiswa jaaa,v klw g dpt kumaha? nyari kul jur lain v bgug cz udh k cantol ma fk

  90. Aduuh,,..
    Aq bingun nh……! ingin bangat masuk Fk, tpi
    aq mau nanya nih ,gimana kalau masuk Fk melalui jalur SNMPTN apkah biayanya jga mahal smpai rtsan juta,, gtuu?…

    Clx aq pngen bangat jadi dokter,,! Aq mhon d jwab tman2,,

  91. saya sebagai orang tua sudah dua tahun yang lalu mencari informasi biaya di fk ternyata tidak ada yang murah bagi orang tua seperti saya karna saya hanya pns yang bergaji3jt/bulan tapi semangat untuk menyekolahkan ke fk selalu menggebu sehingga kutabung setiap kali ada kelebihan uang sampai sekarang uang saya masih terkumpul dua semester padahal tahun ini anak saya sudah harus kuliah bagai mana ya saya bingung di teruskan apa enggak ya ? tapi kemana ya….semangatku masih ke fk dan saya masih percaya bahwa alloh maha kaya ya alloh kalau memang cita cita ini baik untuk anak saya untuk kehidupan anak saya di dunia dan ahiratnya ridhoilah ya alloh dan mudah kanlah jalannyadan urusannya amiiin…..ya roobbal alamin.

  92. FK UNPAD (lumayan) murah ko daripada fk lainnya! Lewat jalur snmptn, kita cm ngeluarin kurang lebih 25jt di tahun pertama. Itu tuh udah trmasuk biaya poma, ospek, jas lab, jas almamater, biaya pengembangan pendidikan, ktm, asrama 1th d bale pajajaran, spp 1th, dan lain sebagainya yg tak bisa disebutkan satu per satu. Selanjutnya cm bayar 2jt per semester.

  93. saya gayus..
    mau masukin anak ke fk juga nih
    uang tabungan saya cukup gak yah..

  94. mahal banget si , aduuuuuh , gw bisa jadi dokter ga yah ?

    kenapa ga sekalian masuk HAVARD MEDICAL SCHOLL yang biaya kuliah nya sampai :

    $ 32.097/th (Rp. 320,970,000)

  95. 10. Columbia University
    Spoiler for 10. Columbia University:

    Columbia University adalah sebuah universitas swasta di New York City, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1754 dengan nama King’s College. Columbia dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia, sebagai pemimpin dalam bidang ilmiah, humanitas, hukum, kedokteran, pendidikan, teknik sipil dan bisnis. Hingga tahun 2004, ada 72 pemenang Nobel memiliki afiliasi dengan Columbia.

    uang kuliah : $31.472/th (Rp. 314,720,000)
    Quote:
    9. University of California San Francisco
    Spoiler for 9. University of California San Francisco:

    University of California San Francisco atau UCSF adalah sebuah universitas di san francisco yang mengungguli bidang penelitian ilmu-ilmu kesehatan, perawatan pasien, dan pendidikan. UCSF memiliki 10 rumah sakit terbaik di amerika serikat.

    uang kuliah : $53.500/th (Rp. 535,000,000) paling mahal nii gan
    Quote:
    8. University of Oxford
    Spoiler for 8. University of Oxford:

    Keren bgt gan arsitekturnya

    berlokasi di kota Oxford, Inggris, adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris. Asal sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge. Kedua universitas ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya.

    uang kuliah : $ 5.599/th (Rp. 55.990.000)
    Quote:
    7. Massachusetts Institute Of Technology (MIT)
    Spoiler for 7. Massachusetts Institute Of Technology (MIT):

    MIT adalah sebuah institusi riset dan universitas yang terletak di kota Cambridge, MIT merupakan pemimpin dalam sains dan teknologi, dan juga banyak bidang lainnya, termasuk manajemen, ekonomi, linguistik, ilmu politik, dan filosofi. Departemen dan sekolah yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 dari anggota sekarang atau dahulu dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel.

    uang kuliah : $32.300/th (Rp. 323,000,000)
    Quote:
    6. University of Cambridge
    Spoiler for 6. University of Cambridge:

    yang ini keren juga gan arsitekturnya

    University of Cambridge adalah universitas kedua-tertua di dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya. Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, dibentuk pada 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota sana.

    uang kuliah : $ 5.596/th (Rp. 55,960,000)
    Quote:
    5. University of California, Berkeley
    Spoiler for 5. University of California, Berkeley:

    Berkeley adalah sebuah universitas publik yang terletak di timur Teluk San Francisco di Berkeley, California, Amerika Serikat, mengarah ke Golden Gate. Kampus tertua dan “flagship” dari Sistem Universitas California, Berkeley merupakan pemimpin universitas riset. Program “induk”-nya dan profesor-profesornya terus-menerus berada di urutan atas di dunia.

    uang kuliah : $ 24.233/th (Rp. 242,330,000)
    Quote:
    4. California Institute of Technology
    Spoiler for 4. California Institute of Technology:

    California Institute of Technology atau Caltech adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa “autonomous” yang memimpin di dunia dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory. JPS mengamati desain dan operasi dari banyak penjajakan luar angkasa NASA; tidak seperti “National Laboratories” (Laboratorium Nasional AS) dan Pusat Luar Angkasa NASA lainnya, fasilitas JPS hanya dalam kontrak ke pemerintah.

    uang kuliah : $27.309/th (Rp. 273,090,000)
    Quote:
    3. Yale University
    Spoiler for 3. Yale University:

    Universitas Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki banyak penerima Penghargaan Nobel dan Presiden Amerika Serikat, termasuk William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA). Penerimaan akademiknya adalah AS$12,7 milyar yang merupakan kedua terbesar di dunia (di belakang saingan besarnya, Universitas Harvard).

    uang kuliah : $31.460/th (Rp. 314,600,000)
    Quote:
    2. Stanford University
    Spoiler for 2. Stanford University:

    Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometers di tenggara San Francisco. Stanford memilki kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik Hukum Kedokteran Pendidikan Bisnis Ilmu-ilmu Bumi dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan.

    uang kuliah : $ 31.200/th (Rp. 312,000,000)
    Quote:
    1. Harvard University
    Spoiler for 1. Harvard University:

    Harvard University adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Ia didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, ia dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

    uang kuliah : $ 32.097/th (Rp. 320,970,000)

  96. 8 FAKULTAS KEDOKTERAN TERMAHAL DI INDONESIA TAHUN 2011

    Kriteria penilaian:
    1. Asumsi total biaya selama 10 semester (S.Ked + Co-Assistant)
    2. Total biaya mencapai minimal Rp 300 juta atau lebih
    3. Biaya meliputi sumbangan pendidikan, biaya studi per semester, biaya laboratorium, dan biaya lain-lain
    3. Mencakup kelas reguler (PTS), kelas internasional (PTN) dan jalur mandiri (PTN)

    1. FK UPH

    Universitas Pelita Harapan

    Akreditasi : B

    Lokasi : Lippo Karawaci, Tangerang
    Total biaya studi : Rp 502.250.000
    Biaya semester : Rp 31.350.000

    2. FKUI Internasional

    Universitas Indonesia

    Akreditasi : A

    Lokasi : Salemba, Jakarta Pusat
    Total biaya studi : Rp 425.000.000
    Biaya semester : Rp 35.000.000

    3. FK UAJ

    Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

    Akreditasi : A

    Lokasi : Pluit, Jakarta Utara
    Total biaya studi : Rp 350.275.000
    Biaya semester : Rp 18.075.000

    4. FK UKM

    Universitas Kristen Maranatha

    Akreditasi : B
    Lokasi : Surya Sumantri, Bandung
    Total biaya studi : Rp 341.530.000
    Biaya semester : Rp 22.000.000

    5. FK UKI

    Universitas Kristen Indonesia

    Akreditasi : B

    Lokasi : Cawang, Jakarta Timur
    Total biaya studi : Rp 328.300.000
    Biaya semester : Rp 17.000.000

    6. FK Untar

    Universitas Tarumanagara

    Akreditasi : B

    Lokasi : Grogol, Jakarta Barat
    Total biaya studi : Rp 328.000.000
    Biaya semester : Rp 15.350.000

    7. FK Trisakti

    Universitas Trisakti

    Akreditasi : B

    Lokasi : Grogol, Jakarta Barat
    Total biaya studi : Rp 322.500.000
    Biaya semester : Rp 17.000.000

    8. FK Yarsi

    Universitas Yarsi

    Akreditasi : A

    Lokasi : Cempaka Putih, Jakarta Pusat
    Total biaya studi : Rp 312.000.000
    Biaya semester : Rp 14.000.000

  97. Saya sering mencoba untuk mencari rincian biaya kuliah pada universitas negeri yang tergabung dalam 60 universitas yang ikut dalam SNMPTN namun sulit ditemukan , memang ada sebagian jika teman-teman ada informasi tolong di bagi……. dengan detail rincian : biaya masuk….biaya per semester….. dll. terimakasih jika ada yang dapat bantu.

  98. Nasehat tuk anakku tersaya :
    ? kasian kamu nak mau banget jd dokter…
    ? tp apa daya bpkmu ini hanya seorang buruh…
    ? jgnkan kuliah, kursus ketrampilan aja bpk sdh ga mampu tuk biayai…
    ? sabarlah nak tuk menjadi org yg baik kuliah bukan satu”nya jalan…
    ? yg utama perbaikilah akhlakmu dgn beribadah yg khusyu…
    ? dunia ini hanya sementara, ada kampung akhirat yg lebih utama dan kekal selama”nya…

  99. permisi, mau nanya
    kalo FK UNAIR lewat jalur SNMPTN tulis kira kira biayanya berapa ya?
    mohon informasinya :)

  100. permissi mw nanaya FK UIN jalur snmptn berapa ya,saya baca di website nya semester awal 97 jt dan semester selanjutnya 20 jt,masa univesitas negeri mahal banget, UI UGM UNS UNDIP UNAIR UB saja tidak semahal itu.
    tolong infonya…
    makasih

  101. permisi semuanya kalau mau masuk fk unsri dan unila kira-kira berapa ya biayanya yang paling terbaru,,terima kasih

  102. qw mrupkan slh stu siswi SMA
    yg ingin msuk de fkultas kdokteran…………
    tpi qw trlhir dri kluarga petani
    org tua qw seorg petani
    dri mna qw hrus mwujudkan impian qw?
    qw ingin sekali msuk de fkultas kdoktera………

  103. kira2 berapa biaya FK UI skg ya?? sebutkan rincian2 biaya keseluruhannya ya?! lalu FK swasta yg ga terlalu mahal dmna ya??? kedoteran menang mahal doank ey,,apa gak ada jalur murah’a ya???

  104. Sebelumnya saya minta maaf kepada semuanya>>>………..
    sebenernya saya ingin sekali masuk FK di PTN favorit, tapi mbok yo ojo kelarangen nemen . MALAH ADA YANG 555.000.000.DUH2 LARANG PISAN EUY.PTS biayanya juga murah2,malah kebanyakan PTN malah pada mahal2,walaupun ada yang murah si. padahal kan pemerintah sudah mmberikan subsidi untuk PTN,…..UANg SEBANYAK ITU mau buat apa aja yah kira2nya?????
    sory, be4…………..

    mungkin baru itu saja, teerima kasih……………

  105. Uang memang bukan segalanya, namun segala2nya bukan apa2 tanpa uang.
    untuk semua yang mau ambil kedokteran,,,,tetap semangat. dimana ada kemauan, di situ ada jalan.
    ada 1000 jalan menuju Roma.

    KEEP ON SPIRIT !!

  106. saya jg pengen bgt jadi dokter
    saya minta tolong buat instansi” pendidikan INDONESIA,,,
    utamakan kemampuan otak agar bangsa ini maju………..

    bravo buat semua yang mau ambil KEDOKTERAN……

    KITA BISA!!!

  107. Paling Juara dong, Fak kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, biar kata lulus SNMPTN, uang masuk semester 1 harus setor 90 juta, semester 2 dan selanjutnya bayar 20 juta. Gila gakk, 20 juta per semester?? Padahal itu PTN dan masuk lewat SNMPTN.
    Ke Pede an kayaknya UIN Jakarta, padahal akreditasi nya aja masih C. Dan yg paliong ngebetein, kalau memang segitu mahal, jangan cari mahasiswa lewat SNMPTN dong, itu sama saja nipu mahasiswa baru. Calon Mahasiswa pinter2 kejebak masuk UIN dan harus bayar mahal untuk sesuatu yang ngga worthed!!!!

  108. assalamualaikum.wr.wb

    mau tanya temen” tips agar bisa di terima di kedokteran gimana yah.?
    tolong jawabannya… saya sangat berharap…
    terimakasih sebelumnya…

  109. Insya Allah Adik Ku Suatu saat bakal jadi Dokter,,,Seberapapun mahalnya Kuliah di FK akan saya usahakan, insya allah. Amin.

  110. ;) halo..
    aduh mahal banget ya. aku tu pengen banget jadi dokter. tapi aku sadar kemampuanku jg pas pasan banget. kemampuan org tua juga pas pasan. tapi org tua ku kepingin bgt aku jd dokter,
    Jadi aku hrs ttp semangt buat dpt FK di PTN ,, amin,, doakan ya kawan kawan,, :)

  111. Sy msh duduk d bangku sma klas XII sy ingin sekali jd dokter tiap sy lihat dokter d tv,,, air mata sy jatuh,,, it semua krna perasaan sy yg ingin sekli jd dokter,,, bhkn ketika sy membc artikel ini sy pun mengeluarkn air mata,,, jd sy harap tlg biyaya sekolh kedok di kurangii jgn terlalu mahall please

  112. fk.. ohh fk… ga semua ptn ngasih biaya keringanan seperti di uI. EMANG SAYA JALUR SNMPTN JUGA KOK.. TAPI.. MASAK GA BISA KASIH PENGURANGAN ??

  113. hmmm aq pgen banget nc msuk FK to ad dag ya FK yg uang muka e d bYar cicil @$ semester cz ortu hnya PNS biasa
    minta saran2 nya donkkk semuaaa

  114. Aku termasuk mahasiswa FK, memang udah dr jaman dulu yg namanya FK itu kuliah plg mahal, tp mungkin kalau memang serius ingin dibidang FK adik” yg lain harus tetap semangat dan jgn pernah berhenti mencoba !!

  115. Bukan hanya biaya yg mahal tp ujiannya cukup susah 100soal 100menit, alhamdulilah tembus :) buat yg lainnya yg ingin masuk FK tetap blajar dan brusaha ya :) yakin aja kalau kalian pasti bisa

  116. Ada harapan besar untuk menjadi seorang dokter..
    Usaha tentu haruss, tapi masalah hasilnya seprti apa(?) ku yakin Alloh sudah merencanakan yang terbaik untukku… Aamiin

  117. pngen bgt jdi dokter,tu cita2 aku dr dlu..tp ga d izinin mama bwt jdi dokter,cz biaya yg mahal bgt..tp ttep aku pngn jd dokter..
    mama aku cm guru d madrasah dgn gaji yg ga sbrpa,ayah aku dh lma mninggal..
    jdi galau.. :’(

  118. ak skrang dach klas Xll nich…
    rencanany ak mau nyambung sklah/kuliah…
    ak pengen banget ngambil jurusan kedoctoran…
    tlong bget yach gimana sich carany…
    n” jg berapa yach kira’ biayany thun nich…
    tolong d jawab yach…

  119. peNgen na sieh masukk kedokteran unsri…
    tapi mana masuk nya susah eh,ditambah biyaya nya semakin tahun semakin mahal…….

  120. Hallo kawan….
    Ngapain mikir terlalu jauh… Saya lulusan UNAIR 2005.. dan saya perhitungkan biaya selama masuk sampe lulus menjadi dokter ng sampe 10jt… Lumayan murah kan… Saya masuk melalui UMPTN murni yg sekarang disebut SPMB.. jd saya menghimbau pada kawan2 yg mw masuk FK jangan terlalu mendengar n percaya dengan biaya2 yg gede.. Itu semua isu belaka, ya mungkin ada yg membayar sampe ratusan juta bahkan miliaran..itu mungkin diluar jalur murni (lewat jalur belakang), mereka terlihat ikut ujian pemerintah namun uang sebagai pelicin… Kbanyakan duit tu anak kali ya hehehe..
    Saya sarankan jangan takut, Maju terus pantang mundur… Masuklah lewat jalur murni dijamin ng mengecewakan, Belajar aja yg rajin yach supaya lulus ujian pemerintah ato SPMB.. Insya Allah sukses semua….
    Amiiiiiiin…

  121. subhanallah yha,
    Klo gni mh cta2 q bwat jdi dokter sush dhe…

  122. “Ilmu itu mahal dan selalu ada jalan untuk mencari ilmu”

    Manusia hanya berusaha tapi Tuhan-lah yang menentukan.

    :)

  123. sekarang aj masuk fk sudah 200-300an jtaan.gimana 18th kemudian???sy dulu gagal masuk di fk & bercita” anak sy nanti akan masuk jurusan itu.tapi kira” berapakah biayanya nanti..sedangkan sekarang saja banyak yg tdk bisa menjangkaunya.bisakah cita” saya akan menjadi kenyataan?? atau hanya cukup sekedar menjadi mimpi saja.. wallahuallam..

  124. Hmm..hrga yang sangat fantastis ya untk mengenyam pendidikn di Indonesia…uang membuat semua BISA.

  125. Hmm..hrga yang sangat fantastis ya untk mengenyam pendidikn di Indonesia…

  126. hmm….biayanya mahal banget…
    setelah mendengar dan membaca postingan2 di internet mengenai biaya kuliah di fk,jangankan mau test di FK,,bermimpipun saya gak berani….soalnya saya berasal dari keluarga yang berekonomi menengah ke bawah,
    hmm,,,,sekarang FK hanya impian belaka bagi ku,,

  127. saya mau nanya,,
    kalau misalnya saya dari jurusan ips masih ada harapan buat masuk FK ga yaa,,
    mksih bngt sebelumnya jika ada yg mau jawab :)

  128. Saya sangat berminat dalam kedokteran,,,tapi saya hanya bisa menngandalkan PMJk dari sekolah saya,,,nah apakah adalah jalan buat siswa PMJk lulusan SMK,????

  129. saya sangat berminat dalam kedokteran,,,tapi yang saya bisa andalkan hanya mendapatkan bewasiswa PMJK dari sekolah saya,,,, nah apakah ada lowongan untuk ke universitas islam negeri untuk lulusan PMJK di SMK????

  130. Ada gak ya,donatur yg mau sekolahin saya menjadi dokter,aku ingiiin sekali jadi dokter,tapi apalah daya cuma anak seorang petani…

  131. Kalau yang pintar ga mampu masuk, lantas yang otaknya pas2an bisa masuk, bagaimana mendiagnosa pasien,jangan -jangan salah ngasih obat lagi!!

  132. mengapa sampai sekarang biaya untuk menjadi seorang dokter di indonesia masih kurang terdukung untuk anak anak indonesia dan penerus bangsa..sebab masih dipertanyakan dan tidak irasional nya kalau kita bandingkan dengan negara2 maju untuk biaya kuliah apalagi jurusan kedokteran yang cukup murah melainkan kita bisa mendapatkan biaya sampai Rp 0.. di negara maju tertentu yang mempunyai syarat dapat berbahasa asli negara mereka dengan lancar dan mempunyai prestasi yang baik dalam bidang science serta kita dianjurkan kerja disana dalam masa percobaan 1 tahun dokter….. gogogogogogogogogogo for dokter ( kedokteran indonesia)

  133. Masa’ ia sch ambil kedokteran d Malahayati yg sprti dblg d atas smpai 400 juta?? Saya kemarin dpt undangan dri malahayti utk melanjutkn studi d kedokteran umum malahayti…biayanya d total smuanya 110 juta..dg smbgan wajib 70 juta, SPP 12 juta persemester..Laptop 8.5 juta, Asrama 9 juta per 3 tahun, dan sumbangan sukarela 10 juta…
    Saya jadi bingung?? Apa saya hrus lanjut ke sna?? Atau mencari univ. Laiin…tmn” sya bilang pada saya untuk pikir” dlu…tapi saya rasa saya sdh mntp..krn FK adalah impian sya dri SD..

  134. saya rasa tujuan pendidikan makin lama makin tak karuan. seharusnya tujuan pendidikan itu harus segera di luruskan.. mengapa biaya kuliah kok sampai semahal itu. apa lagi pada fakultas2 kedokteran???? buka cuma itu, fakultas yang lainpun tak luput dari biaya yangmembludak mahalnya. sudah seharusnya citra pendidikan itu perlu di benahi. jangan hanya ,mencari kesenangan dan gelar semata. tapi juga riho dari allagh..kasihan kan rakyat yang ingin membenahi negeri ini harus kandas. bagaimana nasib negeri ini selanjutnya kalau sistem pendidikan indonesia yang tidak lagi memihak kepada rakyat nya… ingat lagu mahasiswa “DARAH JUANG”… ingat.. rakyat kecil juga butuh pendidikan…

  135. saya rasa tujuan pendidikan makin lama makin tak karuan. seharusnya tujuan pendidikan itu harus segera di luruskan.. mengapa biaya kuliah kok sampai semahal itu. apa lagi pada fakultas2 kedokteran???? buka cuma itu, fakultas yang lainpun tak luput dari biaya yangmembludak mahalnya. sudah seharusnya citra pendidikan itu perlu di benahi. jangan hanya ,mencari kesenangan dan gelar semata. tapi juga riho dari allagh..kasihan kan rakyat yang ingin membenahi negeri ini harus kandas. bagaimana nasib negeri ini selanjutnya kalau sistem pendidikan indonesia yang tidak lagi memihak kepada rakyat nya… ingat lagu mahasiswa “DARAH JUANG”… ingat.. rakyat kecil juga butuh pendidikan…

  136. Assmualakum..
    Skrg Aku sdh kelas XII. Dri sd aku sdh brcita2 jdi d0kter..
    Tpi skrg q mulai bgung , ku lanjutkn atw g’ y cita2 ku itu?
    Krna aku dgar2 n’ baca di intret biaya untk kuliah d Fk mencpai ratusan jta rupiah.
    Smentra ortu q hanya petani..
    Klw q tnya sma mereka, mreka menyanggupi..
    Tpi aku g’ tega, krna aku jg pnya k3 yg kuliah di swasta.
    N’ adik ku yg mw msuk SMA..
    Aku bingung..
    Tlong d0ng bri aku saran..

  137. kalo ada yang peRlu informasi dan bantuan mengenai KEDOKTERAN di kampus2 yang ada di bandung. khususnya swasta, saya ada link, makasih no tipu asli nya,

  138. waaaaah jadi dokter bukan yang pintar dong yang bodoh jg bisa yang penting uang di negri mahal kaya gitu gimana di swasta

  139. Hello, i think that i saw you visited my blog so i came to “return the favor”.I am trying to find things to enhance my web site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  140. Now you’ve your new web site and you’re eager to start making some gross sales! But, how will you make gross sales should you shouldn’t have high volumes of holiday makers to your website?

  141. As I site possessor I believe the content material here is rattling magnificent , appreciate it for your hard work.You should keep it up forever! Good Luck

  142. of course like your website but you have to check the spelling on several of your posts.Many of them are rife with spelling problems and I find it very troublesome to tell the truth nevertheless I will certainly come back again

  143. saya lulusan akper tahun 2011 saya ingin melanjutkan kuliah di fk kira2 masih bisa gag ya kalau mendaftar melalui snmptn

  144. astaga, kuliah kedokteran itu tergantung otaknya…bukan tergantung duitnya…percuma kalo duit lo banyak, bisa nyumbang…trus kenapa?yakin lulus ujian kompetensi dokter indonesia (UKDI)… gua kasih tau, men…orang yang lulus UKDI itu kebanyakan anak universitas negeri…kalo ga bisa masuk universitas negeri…mending ga usah jadi dokter… cuma jadi dokter goblok kamu!!! ga tau caranya hecting, tension-type headache aja bingung mo dikasi apa….goblok macam apa kek gini ini di kedokteran??
    sadar ga sih kalo fakultas kedokteran di indonesia ada lebih dari 50?? itung berapa itu yang negeri!!! yang lain udah pasti goblok2, kecuali dah dapat akreditasi bagus… mikir donk!!
    kalo kamu skolah di swasta…temen2mu juga orang2 bego sebagian besar…biarpun dosenmu bukan orang bego…lingkunganmu bikin kamu cuma tambah bego…bego lu piara pake uang ratusan juga?? gila dah…bisa mati pasen2 lu!!!

    pikir pake otak… kalo lo emang pinter, masuk kedokteran..kalo goblok..ga usah masuk…cuma jadi penghambant kemajuan kedokteran indonesia lu itu tar!!!

  145. trik mau tau kualitas dokter itu sederhana men…
    kalo di luar, tanya aja bagian pendaftarnnya–> dokternya lulusan mana…negeri (wah perlu ditanya lagi didalem: dokter lulusan universitas XXXXXXXX ya? pintar donk…masuknya susah ya dok.) ato swasta (lari aja langsung…hahaha, dokter swasta biaya kuliah mahal–> cenderung kasih obat mahal…aku jamin itu…jarang kan dokter swasta mau kasih obat parasetamol yang generik, padahal parasetamol generik dan paten kan sama aja…ya mungkin ada yang beda dosisnya 500 ma 650mg, tapi kan indikasinya juga beda…)
    kasian ya dokter2 swasta…masuknya dirampok ratusan juta…mau keluar jadi dokter masih harus diuji (ujian kompetensi dokter indonesia/UKDI) eh, belum tentu lulus mereka itu…wakakaka…goblok sih…BBM-an aja kerjaannya…trus pas jadi PNS atau kerja ternyata gajinya cuma 10 jutaan…itu pun sudah capek2 kerjanya…PTT nipu2 pasien biar beli obat mahal…wah,ini nih kerjaan dokter lulusan universitas swasta…trus satu lagi!!! mereka kalau mau masuk sekolah spesialis susah banget, kecuali bayar2 lagi…goblok sih. dah tau goblok kok ga sadar gitu lho…pake sekolah kedokteran lagi..wakakakakaka….

  146. kalau begitu dimanalagi anak sy bisa kuliah di kedokteran spp selangit bisa sampai 300 juta rupiah wowwwwww

  147. aku punya impian untuk jadi seorang dokter , aku berharap aku punya kesempatan untuk jadi seorang dokter . aminn

  148. saya siswi kelas 2 SMA ,,
    dari dulu cita2 saya .
    memang di kesehatan .. ,. dan tujuan pertama saya dokter . mnjdi seorng dokter adalah impian saya .
    tapi jika memikirkan biaya nya..
    mungkin saya harus ngilangin harapan itu .. dengan melihat kondisi keuangan orangtua saya ..
    saya berharap.. moga ada jalan keluar nya .. amin .

  149. ikut nimbrung

    dari kecil aq udah ingin bgt jadi dokter anak
    tapi kalau liat biayanya
    mana mampu ortu q to nguliahkan q….

    mugkin itu cma mimipi dari kecil

  150. bisa gak ya kira-kira lulusan S1-Keperawatan tahun 2009 masuk FK? klo ada tolong infonya.

  151. saya lulusan S1-Keperawatan tahun 2009. saya ingin sekali menjadi seorang dokter. dulu saya ingin bercita-cita menjadi seorang dokter OBGYN. kira-kira universitas mana ya yang bisa menerima? kalau ada info, tolong kirim ke e-mail saya yah.

  152. saya udah gak lama lagi nih pilih jurusan….
    pengennya sih masuk fk…
    itu prioritas pertama saya…
    tapi pas denger biayanya.. wah!!!
    bohong kalau bilang nyali saya nggak ciut, soalnya kan ayah saya cuma pns yang gajinya 3jt per bulan…
    bayangkan berapa lama beliau harus menabung uang untuk biaya fk???
    banyak yang bilang, pilih aja dulu.. nanti kalau diterima baru dipikirin biayanya…
    lha? ini bukan saya yang bayar!!! saya nggak enak dengan orang tua saya, terlebih2 ayah saya…
    mohon diberi info dong!! mengenai biaya fk ya, terutama fk unhas… agar saya bisa nimbang2 mau pilih itu untuk snmptn atau nggak…

    makasih sebelumnya.

  153. …..pngen bnget siiihh bis lulus ambil fk tp biayanya yg gak mngkin bnget…gnm cranya spya ke.inginan.ku nie bsa trcpai,,,

  154. Kalau saya dulu pengen banget sekolah kedokteran berhubung jurusan SMA nggak memungkinkan akhirnya ambil ekonomi, eh tapi sekarang teman2 saya banyak dokternya dan jadi suka baca-baca buku kedokteran. anyway, kalau suka dengan ilmunya ada banyak cara mendapatkannya..

  155. mm….
    padahal kakakku tahun ini pengenn banget ikutan FK itu impiannya dari kecil… tapi sejak mengetahui biayanya yang gedeee… sepertinya dia bimbang tohh kasihan orangtuaku kan… masih jg harus mikirin biaya sekolah aku dan adekku..

    padahal kakakku termaksud siswi berprestasi disekolahnya.. Ranking mulu…,,
    sabar buat kakakku…
    semangaat kak.. pasti Allah mempunyai jalan yang lebih indah..*

    sebetulnya menurutku..
    kedokteran itu harusnya diutamkan siswa” yang cerdas, pintar, dan ramah.. bukan hanya karena uang terus otak diabaikan
    huftttt…

  156. Saya tahun ini sdh dinyatakan lulus di salah satu FK Negeri melalui jalur SNMPTN. Tapi orgtua saya meyerah krn uang msuknya mmg tidak ada, namun uang persemesternya 17juta. Papa sy betul2 sdh angkat tangan (menyerah) dgn keadaan ini T_T saya btul2 merasa terpuruk sekarang. Saat cita2 saya sdh di depan mata, sy sdh lulus snmptn yg notabene cm diterima 20 org dri 500org, skrng sy justru hrus melepaskan semua kelulusan saya itu krn masalah biaya T_T ibu sy hanya seorang PNS dgn gaji bersih 800rb perbulan, ayah sy pengangguran, dri mana sy bs mendapatkan 17juta persemesternya? T_T sy btul2 jatuh dan terpuruk skrng. Sy lulus tp semuanya sia2 T_T saya btul2 putus asa dan mengalamitekanan batin yg luar biasa dgn keadaan ini T_T tolong ya Tuhan T_T sy tidak sanggup T_T

  157. sedih sekali mengetahui biaya pendidikan kedokteran yg semakin mahal, saya sejak awal sangat ingin menjadi dokter tp sayangnya keinginan saya tidak ditunjang dgn kemapuan org tua sy, sekali – kali FK berbaik hati donk mengurangi biaya

  158. duhh emang bener sekolah dokter mahal bgd… tapi walau mahal kit harus banyak2 mengirit agar awet duit.. kalo jadi dokter coba aj di mercu buana.. liat situs a,,,, insya allah ,udah

  159. nag yg pnter itu seharusx gk byar biaya, klo byar kn kcian ank yg ekonomi keluargax i2 rendah, dy pny keingina namun tkut menghasilkam biaya yg tinggi

  160. ternyata keinginan jadi dokter terasa mustahil bagi kami yg hanya mempunyai biaya pas-pasan, kita memang orang kecil yg ekonominya serba terbatas..
    tp coba pemarimtah mikir, uang korupsi yg digunakan harus memikirkan nasib org kecil..

  161. mungkin solusinya, kalau di luar Jawa bisa memilih FK UNHAS,masuk 10 bwsar fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, biayanya tdk mahal,saya dulunya lulus UMPTN,SPP masih 120 rb/ semester,sampai selesai.Alhamdullillah waktu Coas dpt beasiswa sampai dr,dan sekarang lanjut spesialis dapat beasiswa Depkes. Kalau tahun 2012 lalu, jalur kemitraan kalau ndak salah 100 juta dan jalur internasional 150 juta,trims

  162. saya siswa kelas 12, pengen masuk kedokteran. minta doaanya pak dokter dan bu dokter. sedih lihat progran-program pemerintah mengenai dunia pendidikan saat ini, bukan malah baik, tapi malah menjatuhkan mental.

  163. assalamualaikum…. saya sangat ingin masuk FK… tapi dari kecil saya adalh anak yang penakut, terkadang kekamar kecil saja harus di temani… tapi lambat laun seiring dengan berjalannya waktu rasa takutku sekarang sudah mulai hilang… kira-kira ada kemungkinan tidak ya, bahwa nantinya rasa takut saya akan sepenuhnya hilang setelah saya kuliah di FK ? dan bagaimana Tips untuk menghilangkan rasa takut ? jawab yaa…..

  164. saya mau naya kalau lulusan dari d3 kebidanan melanjut ke FK itu kembali dari semester awal atau ikut program khusus?

    mohon info ya ya..trimakasih

  165. Tetap semangat buat yg punya tekad jd dokter, semua hrs diusahakan.. Kuliah smbl punya side job. God bless

  166. om swastyastu
    i really want to be a doctor, and i hope i will be able to reach my dream, now iam in 12 grade of SMAN 1 Sukamaju, and i want to continue my education in university. but i think being a doctor is very difficult for me because my parents do not rich, my father just a farmer. but i will not give up before trying…. so i hope you want to help me by giving information about doctor and how to pass SNMPTN well… if you know please write down on my E-Mail derinianjarwati@yahoo.com, i need your support also your praying. thanks before

  167. Bisa gak iya nanti pas saya mau masuk kuliah, biaya masuk FK gak semahal itu ? Pengen banget jadi dokter !

  168. InsyaAllah ga semahal itu kok, saya angkatan 2012 (belum jaman ukt) uang masuk 24 juta, persemester 2,94 juta :) (FK di univ negeri lewat jalur SNMPTN tertulis, akreditasi A)
    Kalo angkatan sekarang sistem UKT di kampus saya emg agak ngejelimet, ada yang 1 juta per semester, ada yang 28juta persemester (tapi kan sistem UKT berdasarkan tingkat ekonomi) dan kita sama-sama berharap untuk sistem UKT angkatan ke depannya bisa lebih adil ya :)
    Semangat yang mau masuk FK, jangan tertahan semangatnya karena biaya, dimana ada kemauan disitu ada jalan, lagipula banyak beasiswa kok menanti, ada yang beasiswa full kayak bidik misi atau beasiswa hpeq

    Semangat ! ^^

  169. Bagi para indonesia raya…yg perduli indonesia ug punya akses buat merubah indonesia..perlu diteliti tuh!!!! Apa benar buat biaya masuk FK aja sampe rp.200 jt s/d rp 300 jt… Itu diluar biaya semester dll…gawat tuh! Boleh deh ditanya tetangga2nya…

  170. Bagaiman dengan seorang anak yang inginnn sekali brcita2 jdi seorang dokter, ttp org tuanya hnya sebagai buruh kasar sja,, jika dpikir2 dya sngat tdk mmpu?? Tlng motivasinya. Ttrmksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website