Kerokan : bukan lagi terapi kampung (II)

Penelitian lebih dalam mengenai manfaat kerokan dilakukan di Universita Sebelas Maret Solo. Hasilnya cukup mencengangkan. Di bawah bimbingan tiga Guru Besar FK Airlangga Surabaya, akhirnya terciptalah kesimpulan bahwa kerokan dapat menyebabkan kenaikan kadar Beta-endorfin yang bermakna sehingga akan mengurangi rasa nyeri otot (mialgia), menimbulkan rasa nyaman, segar, eforia. Kadar PGE2 (Prostaglandin E2) yang menurun menyebabkan mialgia berkurang.
Apa sebenarnya PGE2 itu? Kenyataannya, PGE2 merupakan biang kerok penyebab rasanyeri pada mialgia (nyeri otot). Jika PGE2 naik maka akan menaikkan kepekaan nosiseptor yang disebut sentra sensitisasi. Sehingga jika kadar PGE2 bisa diturunkan maka rasa nyeri tersebut juga akan berkurang. PGE2 ini merupakan produk metabolisme asam arakidonat pada membran sel dengan perantara enzim siklooksigenase. PGE2 menyebabkan rasa nyeri karena menaikkan kepekaan nosiseptor. Tinggi rendahnya kadar PGE2 akan mempunyai korelasi dengan berat ringannya mialgia.

Pada kerokan ini terjadi suat reaksi inflamasi atau radang dengan segala respon yang mengikutinya seperti perubahan diameter vaskular (pembuluh darah), migrasi sel darah putih (leukosit) dan pengeluaran mediator inflamasi seperti IL-1, beta, Clq, C3, beta endorfin dan PGE2.

Jadi dengan semakin mahalnya biaya pelayanan kesehatan dan harga obat di Indonesia, semakin banyak orang mecari pengobata alternatif, dan kerokan dapat menjadi salah satu solusinya. Tapi perlu pengembangan lebih lanjut dan perlu diteliti juga aspek kerugian pengobatan kerokan ini. Apalagi ada juga masyarakat tertentu dan dokter yang justru menentang pengobatan tradisional ini dengan alasan akan menimbulkan dan menyebabkan kerusakan kulit.
Tapi semua pilihan diserahkan kepada Anda…akankah memilih pengobatan kerokan atau yang lain ?

Popularity: 11% [?]

4 thoughts on “Kerokan : bukan lagi terapi kampung (II)

  1. mungkin perlu diperjelas dikit..

    targetnya PGE2 (perangsang sensasi nyeri) turun shg nyeri berkurang..
    PGE2 sbg salah satu mediator peradangan kan justru keluar saat kulit dikerok ampe merah2 itu (kl gak ampe baret2 merah, gak puas kan..)..
    nah turunnya PGE2 itu kapan, mungkin perlu dijelasin dikit..

    sebenarnya mirip dgn pijat, fisioterapi penyinaran jg kan ya..melibatkan sistem hormon, melancarkan sirkulasi darah..

    saya pernah baca di suaramerdeka jg :)

  2. di faal (bab ssp) ada dibahas juga tentang kerokan (gate therapy), penjelasannya kayak di atas … apalagi kerokannya pakai uang 100 dollar, puwasss …hehehe

  3. Kerokan adalah terapi warisan ne2k moyang, yg telah ada lbh dri 100tn, murah lg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website