Hati-hati dengan komputer : Computer Vision Syndrome

CVS

Bagi kita-kita yang sering berhubungan dengan komputer kadang bisa sampe rela telat makan gara-gara asyik browsing di internet ataupun sibuk ngerjai job jurnal dari residen (jadi inget masa lalu). Tapi menurut info terbaru, berhubungan dengan komputer dalam waktu yang lama juga dapat membawa resiko untuk kesehatan, diantaranya adalah Computer Vision Syndrome (CVS).
Menggunakan komputer tidak pada tempatya, seperti jarak yang terlalu dekat dapat memicu CVS. Jarak ideal mata dengan monitor komputer sekitar 70 cm dengan posisi 10-20 cm lebih rendah dari mata. Jadi apa saja yang perlu diperhatikan saat berhubungan dengan komputer?


Pertama, dengarkan tubuh anda. Jangan paksakan tubuh anda untuk selalu mengikuti keinginan bekerja atau bermain dengan komputer, misalnya seseorang yang mengalami insomnia karena berinteraksi sekian lama dengan komputer, itu artinya ada masalah dengan gaya hidup orang tersebut. Jangan terus mengikuti keinginan anda atau terlalu memaksakan diri berhubungan dengan komputer. Saya sendiri pernah mengalami insomnia gara-gara memikirkan penghasilan dari internet yang jalan ditempat.

Kedua, lakukan peregangan. Dalam waktu tertentu, lakukan peregangan dan gerakkan anggota badan, karena hal ini dapat membantu sirkulasi darah. Peregangan dapat dilakukan saat istirahat atau antara pekerjaan yang satu dengan yang lain.

Istirahat
Satu cara untuk menghindari kelelahan akibat terlalu lama di depan komputer adalah beristirahat beberapa waktu saat bekerja, misalnya 10 menit tiap 2 jam.

Hindari kafein atau minuman bersoda
Seringkali untuk tetap terjaga di depan komputer, banyak orang mengkonsumsi kafein. Padahal sebenarnya jelas hal itu tidak sehat, kelebihan kafein dapat mengakibatkan ketegangan, perasaan was-was, gemetar, sulit tidur dan sakit kepala. Minuman bersoda juga sebaiknya dikurangi, karena dapat menganggu saluran cerna. Di saat kita sedang bekerja dan membutuhkan konsentrasi tinggi, minuman bersoda sangat berbahaya untuk lambung.

Jadi, jangan keterusan di depan komputer, tapi sulit juga yah kalau udah kecanduan komputer.

Popularity: 8% [?]

7 thoughts on “Hati-hati dengan komputer : Computer Vision Syndrome

  1. itu dari sisi pengguna..gemana kalo sekalian diulas dari sisi desain blog..mis. huruf blog, kontras warna, animasi, dll :) lanjuut..

  2. Wah, masukan yang bagus mas, ntar akan saya coba posting tentang hubungan desain blog dengan kesehatan, kalo desain blog dengan pendapatan kayaknya udah jelas,he2 :)

  3. Blogging Addicted Syndrome (BAS) sepertinya akan jadi saudara angkat Computer Vision Syndrome (CVS) ini. Mudah2an Bung Nico bisa buat pencerahan baru perihal ‘tali persaudaraan’ itu, :)

  4. Hahaha…kayaknya saya sudah terkena BAS nih kalau gitu, ada obatnya ga yah :)

  5. hehehe, ini topik membuat aku jadi s.ked, karena berhasil ku angkat sebagai TA dengan desain observasional + consecutive sampling dengan instrumen kuesioener.. sayang waktu daftar residensi diketawain sama pengujinya, dibilang tidak berhubungan dengan dunia kedokteran…………..

  6. Wah,kalau gitu pengujinya kurang up to date,he2.
    Mantep banget ni mas sucipto udah ambil residen, sukses y.

  7. wakakak, sayangnya aku tidak diterima tuh, karena kurang karya ilmiah mungkin -(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website