Hari pertama menggunakan indosat 3G Broadband

Kecepatan : 115kBps, lumayan cepat saat berada di Bogor…entah kalau di Jakarta, mungkin saja akan lebih cepat. 20 menit pertama lancar dan memuaskan, tapi ketika melihat bytes yang terpakai saya jadi menghitung-hitung….apakah ini terlalu boros atau masih standar.

Okeh, sebagai studi dapat dilihat di screenshoot dibawah ini :
indosat 3G
Dalam waktu 6 menit 50 detik jumlah bytes yang terkirim sebanyak 531.500 dan yang diterima sebanyak 4.979.149. Jadi total bytes yang saya gunakan selama 6 menit 50 detik adalah  5,5 juta bytes = 5,5 MB. Jadi jika dibulatkan 1 menit hampir menghabiskan pemakaian 1 MB, sedangkan jatah yang diberikan indosat adalah 1,2 GB.

Setelah saya hitung-hitung maka kemungkinan 1,2 GB (1.200 MB) tersebut akan habis dalam waktu 20 jam. Jika 1 menit = 1 MB, maka 1.200 MB = 1.200 menit atau sekitar 20 jam pemakaian.

Wah, setelah mencoba saya jadi berpikir apakah hitungan saya ini benar atau mungkin keliru, saya harap sih keliru. Karena kalau demikian berarti malah rugi dong make 3G indosat, satu jam hampir menghabiskan Rp 7.500 (masih lebih murah kalau make Speedy) . Kecuali jika tetap browsing dari HP N91 tercinta, maka penggunaan kB yang terpakai malah akan jauh lebih hemat. Tapi kan saya menggunakan indosat 3G karena ingin main internet dari laptop.

Tapi kita tunggu saja tagihan bulan berikutnya, semoga saja yang salah tulis disini semuanya salah perhitungan. Karena sebenarnya saya tidak mengerti sama sekali tentang  jumlah pemakaian bytes di internet. Namun jika memang tagihan ini nantinya membengkak, tanpa pikir panjang saya akan beralih ke provider internet lain :)

Popularity: 9% [?]

3 thoughts on “Hari pertama menggunakan indosat 3G Broadband

  1. saya gak maksa komen..kl pas bs komen ya saya komen..
    gak usah dikomen balik jg gpp kok :)

    saya sendiri gak pernah ngitungnya..
    yg pasti, makin cepet koneksinya..
    makin bablas.. :)

    kadang saya pake cdma jg, starone, fren..kl pas kepepet..

  2. kok gak pake starone bro? speed starone bisa ampe 234kbps lho..dibandingkan ama kecepatan yg situ dapet kayaknya lebih cepat kan? apalagi bisa timebased (4500/jam, kalo pake ngorbit 3000/jam) dgn DL speed bisa 20kB/s…memang gak jago2 amat sih…

    sekedar saran, gak papa toh…

    ps: saya juga bukan CS-nya indosat, cuman sekedar bagi pengalaman.

  3. @joni
    wah,makasih banyak infonya. Ntar kalau indosat 3G ni ga memuaskan, mau deh pindah ke starone (tapi belum ada hp cdma,he) :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website