Beasiswa PPDS BK Depkes 2009 untuk Dokter (Pengalaman Pribadi)

Saat itu aku sedang jaga di RSUD, tiba-tiba teleponku berbunyi..dan ternyata aku mendapatkan kabar bahwa teman-temanku yang bertugas di MUBA sedang mengurus Beasiswa PPDS BK Depkes untuk pembukaan tahun 2009 ini. Kemudian aku pun memiliki niat untuk mencoba mengurus Beasiswa PPDS BK tersebut secepatnya, dan aku memiliki impian untuk mengambil bagian Obgyn.

Namun ternyata bagian Obgyn tersebut telah dipilih oleh temanku, sehingga aku mengalihkan pilihanku ke PDL. Esoknya aku segera mengurus berkas-berkas ke Dinkes MUBA, kemudian pulang ke Palembang dan mengurus berkas-berkas di Dinkes Propinsi. Saya hanya ingin membagi informasi tentang syarat-syarat yang dibutuhkan bagi teman-teman yang ingin mencoba mengikuti Beasiswa PPDS-BK Depkes tahun 2009. Persyaratan Beasiswa PPDS BK bagi dokter adalah sebagai berikut :

1. Usulan dari Pokja Propinsi/Kabupaten/Kota dan/atau pelaksana yang ditunjuk

2. Bagi calon peserta yang akan mengikuti seleksi akademik, mengisi formulir lamran PPDS/PDGS yang disediakan oleh Depkes sebanyak satu set bermaterai.

3. Surat Pernyataan bersedia memenuhi ketentuan Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis.

4. Fotokopi ijazah dokter yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

5. Fotokoip transkrip akademik yang dilegalisir asli.

6. Fotokopi STR

7. Fotokopi Surat Rekomendasi dari IDI/PDGI di wilayah setempat.

8. Daftar Riwayat hidup

9. Surat keterangan Sehat

10. Bagi yang berstatus PNS, menyertakan : Fotokopi SK PNS, Fotokopi kenaikan pangkat terakhir, Fotokopi keputusan kartu pegawai, fotokopi surat rekomendasi dari pimpinan unit kerja.

11. Bagi yang non PNS, menyertakan fotokopi surat rekomendasi dari pimpinan unit kerja.

Sementara, itulah yang perlu dipersiapkan jiika ingin mengikuti beasiswa PPDS BK Depkes dan semoga informasi ini dapat membantu rekan-rekan sejawat sekalian.

Copyright :dr. Nico Poundra (Juli 2009)

Popularity: 55% [?]

70 thoughts on “Beasiswa PPDS BK Depkes 2009 untuk Dokter (Pengalaman Pribadi)

  1. Bos nico, tentang waktunya bagaimana yang 2009?? denger2 ada minggu kedua agustus ini?? bisa kasih info jelas? dan bagaimana bagi dr. PTT? Terimakasih banyak..

  2. Mas nanya ni. Berkas pendaftaran perlu surat rekomendasi dari dokter senior bagian yg kita pilih ndak? Thank sblmnya.

  3. ada gosip jg kl agustus ini pendataan ppds bk ke 4?
    ada yg punya info lbh detil?

  4. Jadwal pembukaan u/ akhir tahun ini ada ga sih?
    Mohon info nya,makasih..

  5. untuk 1 tahun, biasanya ada pembukaan beasiswa BK Depkes sampai berapa kali dan bulan apa aja ya? tahun ini apa msh mgkn buka lag ? makasih infonya.

  6. ada 2 kali mbak,biasanya maret sm oktober,tp denger2 untuk periode 4 ini,agustus dah buka.tahun ini msh buka mbak.katanya program ini untuk percepatan pemenuhan kebutuhan dokter specialis trtm KTI(kawasan timur indonesia).

  7. bos nico,, klo utk cpns bs tdk ya medaftar program ni ? thx sebelumya

  8. tanggal 24 kemaren pendataan di dinkes kab gw..
    moga2 ada rejeki..

    masalah CPNS takutnya nanti terbentur peraturan izin sekolah tidak boleh selama status CPNS

  9. Hi all, aku dokter gigi PNS di Kudus. Mohon infonya ya kalo ada beasiswa lagi. Telat terus aku.. Thx before yaa…

  10. bagaimana caranya tau kalo qt lulus berkas.
    tolong e-mail ke saya ya
    bingung nich

  11. saya mengikuti pendaftaran PPDS BK tahap IV kemarin. PPDS BK ini akan dibuka smapai 2014, dengan target 6000 dr Sp di Indonesia. Tahap IV ini adalah periode januari 2010. nanti tahap V adalh utk juni 2010, kira2 bulan maret akan dibuka lagi tu pendaftaran. OH, ya untuk PTT/PNS rekomendasi dari kepala Daerah adlah syarat mutlak!!

  12. kemarin agustus aku udah ikut pemberkasan depkes di propinsi, malah disuruh sertakan bukti transfer ujian sekaligus. Menurutku, “bola” sekarang ada di Universitas yg dituju, bisa ditolak atau dipanggil ujian. kalau di Undip ujian minggu ke 3 oktober ini……..

  13. kl aku br bln september kmrn ikut pemberkasan depkes tp blm ujian. kt universitas, biasanya kita antri, yg ujian bln okt ini utk berkas2 yg sdh dtg maret lalu. so insya allah, berkas kita sampe d univ bln nov/des utk ujian bln april2010. biasanya depkes bk staon 2x, maret n september, kl udah dkt bln2 itu siapkn aja berkasnya pasti gak rugi deh.. smoga kita berhasil smuanya…

  14. beasiswa depkes utk thn dpn,msh ada ga ya?menkesnya kan diganti,kali2 aja program beasiswa didelete…(mdh2n ga).klo msh ada,utk periode mrt/april,daftar n ngumpulin berkasnya dibuka kapan?gmn bs tau program apa n brp yg diterima di univ yg qt tuju??thnk infox

  15. mohon info pendaftaran PPDS bk untuk tahun 2010 ? pembukaan, syarat lamaran dan peta kebutuhan PPDS bk penyakit dalam.

  16. saya mau tanya nich, pendaftaran PPDS BK tahap IV sampai kapan yah? Mohon infonya ?

  17. Mas nico kapan ya pendaftaran ppds bk 2010 saya ingin daftar di fk usu tolong ya mas nico …kalau ada info bagi – bagi kita dong… Jangan lupa ya… Tx before

  18. info yang menarik banget ni,,sama kyk fanny ada yg pny info pendaftaaran PPDS BK 2010, n juga kebutuhan SpOT n SppB di daerah mana yang membtuhkan Sp2 tersebut….makasih mas mbak sejawat semua,,

  19. mas nico, untuk tahun ini masih bisa ngurus beasiswa ga? klo dah terdaftar jd peserta di salah satu univ bsa ga ikutan juga program beasiswa ini?

  20. Assalamualaikum,
    Wah pertanyaan saya sama ma mbak Diah, kalo dah terdaftar gimana? Masih bisa ndak daftar tubel ppds bk ni?

  21. makasi infonya. tlg di infokan lg kebutuhan ppds bk 2010 dan tips untuk mendapat rekomendasi daerah coz seringkali itu yang menjadi hambatan bg kita yang cpns atopun pns

  22. mohon dikabari kalo ada beasiswa ppds lagi terutama di daerah saya provinsi sumatera selatan khususnya pns kota palembang

  23. saya PPDS THT-KL non pns…kemaren saya dah urus PPDS-BK tahap III lewat prov kepri..dan nama sya keluar sebagai calon penerima…ketika verifikasi nama,nama saya dan beberapa teman2 yang terlanjur jadi ppds tidak dikirim oleh pihak fakults kedoteran universitas andalas padang dikarenakan karena ketidakmegertian sang administratornya..akibatnya nama2 kami tidak keluar,padahal kesalahan buka pada pihak kami…depkes jg lepas tangan…punya solusi ndak dengan masalah seperti ini?

  24. bang nico punya info ga ttg cara daftar PPDS BK Depkes bagi yang uda menjalani pendidikan ???
    thengkyu….

  25. Saya dapet info ni dari teman saya, bahwa Kab.Kobak di Babel sdg
    mengadakan beasiswa PPDS utk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di Kobak.
    Bagi temen yg berdomisili di Babel atau dimanapun yg berniat utk mencoba mendptkan
    beasiswa silahkan cari infony lbh jelas ke dinkes Kobak.

  26. mohon info ppds bk untuk tahun 2010, tinggal di daerah jadi sering telat. tq

  27. tolong info ppds bk tuk kita yg udh kterima sp gmn bs gak ya trus apa aja nih syarat n gmn prosedur nya maklum gak dpt info kl ada beasiswa depkes tq

  28. alow tmn2…pny info ttg ppds bk 2010 gak???gimana klo kita dari RS swasta,tapi cuman punya rekomendasi aja dari RSUD???ths utk infonya

  29. Makasih bgt atas infonya.cuma mau memastikan aja, apa benar PPDS BK ini ampe thn 2014, taunya darimana, terpercayakah? saya jg pengen ikut, tapi gak tahun ini.maksi byk

  30. Tanya info lagi dunk, buat yg cewe klo lg PPDS BK ternyata di tengah pendidikan dia hamil,trus harus cuti 1 semester, apa BK nya akan diputus untuk selanjutnya? terimakasih sebelumnya

  31. mas untuk cpns tahun 2008 boleh ikut ga ya? soalnya dinkes tempat saya bilang ga bisa.
    dan mas niko sepertinya cpns nya tahun 2008 ya. tapi da bisa. gimana prosedur yang sebenarnya. pingin ikut untuk 2010 ini kalau buka.
    makasi
    dr Rosari

  32. Mohon info tntang ppds bk 2010…kpn lg dibukanya??? Mohon info daerah yg butuh SpOT donk..
    Oya,,sp yg sedang banyak dbutuhkan ap aj y? Saya lg ptt d Barsel,kalteng…
    Terimakasih

  33. sy ingin sedikit berbagi.pendaftaran ppdsbk thp 5 sdh dibuka.siap2 aja di bulan maret.untuk pengumpulan berkas.dan periode uj di bulan okt.jgn lupa rekomendasi sangat membantu kita.aplg di daerah perifer yg siap ditampung di daerah asal.cpns boleh ikut kok.asal sdh LPJ.dan umur msh memenuhi tdk lbh dr 36th.slamat mencoba

  34. Saya mau tanya apakah beasiswa PPDSD BK selalu terlambat keluar? Cerita dari kakak2 yang ikut program ini, katanya beasiswa baru keluar setelah 1-2 semester. apakah betul? Terima kasih

  35. Untuk ppds BK 2010 ini pendaftaran dibuka kpn ya? Soalnya sampai saat ini saya tanya ke dinkes kab belum ada kabar.. Mohon info nya.. Untk 2010 ini masih adakan program PPDS BK ?? ??????? ???

  36. @opie: biasanya bulan februari atau agustus mulai langkah panjangnya…pendaftaran di DKK

  37. Tanya dunk,kalo dari swasta bisa g ikut ppds bk?syaratnya boleh kasih info ke aq?makasih banyak

  38. saya ingin bertanya kepada kakak2 kira2 dimana saya bisa mendapatkan info resmi tentang PPDS BK ya?
    Thx

  39. saya sudah pemberkasan untuk beasiswa ppds bk tahap V tahun 2010, selama proses yang saya jalani, informasi yang paling lengkap dan jelas saya dapat dari depkes. ppds bk ini boleh untuk semua dokter, swasta, pasca ptt, cpns maupun pns. Saya juga mau tanya nih untuk yang sudah pernah mencoba tips2nya apa untuk bisa masuk ke bagian anak FKUI?

    THX

  40. Saya sudah pemberkasan untuk ppds bk tahap V tahun 2010, selama proses yang saya jalani info paling mudah dan lengkap didapat dari Depkes. ppds bk ini boleh untuk swasta, pasca ptt, cpns dan pns.

    Saya mau dong tips2nya untuk yang pernah mencoba seleksi ke Bagian anak FKUI?

    thx

  41. Mau tanya? kalau saya sedang ingin menjalani ptt gak bisa ya? harus selesai dulu?

  42. ppds bk tahap V uda ditutup? sampe kapan ya kira2.. trus yang tahap VI kapan? mohon infonya..

  43. Sy calon peserta ppds-bk fk unpad jur radiology yang sdah dinyatakan lengkap dan acc oleh depkes & fk unpad yg nunggu untuk ujian nanti tgl 14 juni 2010. Bwat temen2 yang ppds bk unpad sgera beli PIN karena batas tgl 10 mei dan langsung isi biodata online melalui smup unpad jg ditutup tgl 10 mei. Klo tuk berkas fisik bisa ditunggu sampai tgl 17 mei. Berkas fisik yang kita ajukan ke depkes pusat waktu sosialisasi masih harus dilengkapi eg; fc ktp, ijasah & transkrip sked, skck. dan tambahan lainnya liat di smup unpad.. demikian sedikit info moga2 bermanfaat

  44. sy agus, telah mendapat beasiswa ppdss bk, bedah..sekedar info.ppds bk. hanya sampai tahun 2011, artinya kurang 3 tahap lagi. buat TS harap sering2 bertanya ke dinas propinsi masing2 terutama di bulan maret dan agustus..karena tim dari jakarta(depkes) pusat hanya ke daerah di bulan itu saja..

  45. sampai berapa kali kita bs coba ppds bk? saya dah perhah cb tp ga lulus,apa bisa coba lg?

  46. saya sangat bereruma kasih atas infonya
    saya mohon tanya
    apa ada lagi untuk PPDS tahun 2010 atau 2011 untuk dokter gigi
    trimakasih

  47. persiapkan secara matang2 baik dari mental dan finansial tidak semua yang diharapkan dapat terwujud…PERCAYALAH

  48. Hai temen2 gue mau tanya ni bener gak si kalo kita daftar PPDGS BK n dipanggil untk ujiankita dapet uang transport untuk ujian n uang penginepannya? kalo iya di mana kita ngambilnya krn aku dari daerah lampung ni?

  49. Tolong informasi untuk ppds-bk patologi klinik pendaftaran kapan ? dan dimana pengambilan formulirnya ? saya bertempat tinggal di pekanbaru – riau. Terima kasih banyak yang bisa memberikan info..please bgt ya..

  50. tolong informasi tentang beasiswa ppds bk di jateng,apa saja dan kapan?makasih

  51. tolong informasi ppds BK 6 sdh dibuka belom?takutnya ketinggalan info.tkb

  52. Ppds bk tahap 6 udah pemberkasan tanggal 24 nop 2010 di dinkesprop jateng. Bagi yg milih undip Rencana ujian april 2011, kalo lulus mulai kuliah juli 2011. Katanya kuota 2011 ada 1040 orang, di bagi 2 periode. Jadi kayaknya nanti ada ppds bk tahap 7, untuk ujian okt 2011 dan mulai kuliah jan 2012. Siap2 aja lobi kadinkes dan direktur rsud biar dapat rekomendasi dan tdk ketinggalan info.Setelah semua berkas di masukkan (rangkap 5) ke depkes, nanti depkes yg meneruskan ke chs sampai ke fakultas. Trus tinggal nunggu deh panggilan test akademik dari fk. Eh ktnya tunjangan biaya hidup,transport,buku yg 2 jt perbulan turunnya per semester tapi kalo lancar.

  53. tolong informasinya, utk ppds bk patklin undip ujiannya susah ga? trus kl uda nyerahin berkas ke propinsi,kita tinggal nunggu panggilan dari fk atau hrs nanya kesana kpn hadap direktur&dekannya?
    kl ada yg pernah coba atau uda ketrima, tolong infonya ya… bhub sy ga ada kenalan di sana nih…
    thx bgt bagi yg kasi informasinya…please….

  54. temen2 ksh tau dong apakah beasiswa ppds bk tahap 7 jd dilaksanakan,tolong ya peta kebutuhan spesialis di jateng. thanx.

  55. Saya dr Ame dari RSU sibolga,hi teman2 tolong info ppds bk patklin USU,untuk periode maret 2011,saya udah mendaftar ke permenkes,

  56. teman-teman tlg beritahu aku ppds untuk periode 2011 infonya terbaru, skarang msh ptt kab. atjeh besar. okey, thanks ya.

  57. tolong info ke saya yang berhubungan dg adanya beasiswa ppds lainnya, terimakasih. salam hangat.

  58. ass..
    teman2 tolong kalau ada informasi tentang beasiswa untuk ppds..terima kasih sebelumnya.

  59. klo blm ambil ptt dan bukan pns apakah bisa ambil beasiswa BK DEPKES??

  60. teman teman, mhn share infonya klo ada bukaan beasiswa ini yg utk dokter gigi spesialis. tahun ini ada tidak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website