Afirmasi yang tercapai : Akses Internet di desa

ceria internet unlimited

Tidak ada yang tidak mungkin, pikiran itu masih terus kutanamkan di otakku. Sejak beberapa afirmasiku tercapai, maka aku yakin afirmasi yang lain pun akan menyusul untuk terwujud. Salah satunya adalah tercapainya afirmasi Acer AOD 250, yang mengantarkanku ke terwujudnya afirmasi akses internet di desa. Masih ingat dengan afirmasiku mengenai akses internet di desa? Waktu itu aku berpikir bahwa suatu saat aku yakin bahwa aku dapat memiliki akses internet di desa…dan ternyata afirmasi tersebut baru tercapai bulan Juli ini.
Saat ini aku menggunakan paket Ceria unlimited (Rp 150.000/bulan) dengan menggunakan modem telepon ceria senilai Rp 499.000. Koneksinya cukup stabil dan cepat (230.4 Kbps), buktinya aku bisa mengupdate artikel ini.

Tes Kecepatan Internet

Kelemahannya hanya kadangkala koneksinya suka terputus dan kita perlu membawa-bawa modem telepon seukuran telepon rumah. Tapi jika menginginkan koneksi yang stabil kita dapat menambahkan antena outdoor. Yang jelas internet ceria ini cukup murah dan yang paling penting bisa digunakan saat saya berada di Sungai lilin. Nothing impossible !

PAKET INTERNET CERIA

Ceria menyediakan beberapa paket layanan data/internet, seperti di bawah ini.

  • Paket 10.000,- >> layanan akses internet selama 8 jam
  • Paket 20.000,- >> layanan akses internet selama 18 jam
  • Paket 50.000,- >> layanan akses internet selama 60 jam
  • Paket 100.000,- >> layanan akses internet selama 130 jam
  • Paket 150.000,- >> layanan akses internet unlimited (sepuasnya) selama 30 hari

Perangkat Yang Dibutuhkan

  • PC atau laptop  (saya menggunakan Acer AOD 250)
  • Kabel Data (sudah tersedia dalam paket pembelian pesawat telephone)
  • Pesawat Telephone HUAWEI ETS 2052

Untuk dapat melakukan koneksi internet melalui Ceria, kita harus menggunakan pesawat telephone khusus dan perlu diketahui bahwa jaringan Ceria ini menggunakan jaringan CDMA-1x khusus yang berbeda dengan jaringan CDMA seluler lainnya. Dan untuk sementara ini, pesawat telephone yang sekaligus dapat digunakan sebagai modem adalah model/merk HUAWEI ETS 2052. Bentuknya seperti pesawat telephone rumah namun tidak menggunakan kabel. Harga HUAWEI ETS 2052 pada saat sekarang Rp. 499.000 (wilayah Palembang).

Jika membeli pesawat tersebut, kita akan mendapatkan beberapa perlengkapan dalam paket pembeliannya, sebagai berikut.

  • Buku Panduan Pemilik
  • Gagang telephone
  • Perangkat Utama
  • Antena Dalam Ruangan (Indoor)
  • Adaptor/Charger
  • Kabel Gagang Telephone
  • Kabel Data (yang digunakan untuk menghubungkan PC/laptop dengan telephone sebagai modem.

CARA MELAKUKAN PEMBELIAN PAKET INTERNET

Untuk melakukan pembelian Paket Internet, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui SMS dan melalui Portal Ceria.
Pembelian Paket Internet Melalui SMS

Untuk melakukan pembelian paket internet melalui sms, dilakukan dengan cara sebagai berikut.
Pertama, pada telephone buka menu pesan.
Kedua, ketik dengan format seperti di bawah ini.

“Data spasi nominal paket”

Keterangan

Nominal paket dapat dipilih sesuai dengan pilihan paket nominal yang ada, yaitu 10 (paket 10 ribu), 20 (paket 20 ribu), 50 (paket 50 ribu), 100 (paket 100 ribu), 150 (paket 150 ribu).

Sebagai contoh, jika kita menginginkan pembelian paket 100 ribu maka formatnya menjadi seperti di bawah ini.

Data 100

Ketiga, kirim ke 888

Keempat, setelah terkirim, kita akan mendapatkan sms balasan (konfirmasi) atas pembelian paket tersebut.

Kelima, pulsa kita akan berkurang sebesar nilai pembelian paket tersebut. Misalkan saja, sebelum kita melakukan pembelian paket, sisa pulsa kita Rp. 200 ribu maka setelah melakukan paket tersebut pulsa kita akan menjadi Rp. 100 ribu (Rp. 200 ribu dikurangi Rp. 100 ribu).
Keenam, setelah itu, kita bisa melakukan koneksi internet namun harus melakukan installasi dan prosedur seperti berikut ini nanti.

Pembelian Paket Internet Melalui Portal

Untuk melakukan pembelian paket internet melalui portal, dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Pertama, buka portal di http://internet.sampoernatelekom.com/

Kedua, login dengan menggunakan nomor ANI (nomor perdana SIMCARD) dan nomor PIN yang ada di belakang kartu SIMCARD.

Ketiga, setelah berhasil masuk, klik menu “Pembelian Paket” hingga kita akan mendapati pilihan beberapa paket internet yang tersedia.

Keempat, pilih paket pembelian yang diinginkan.

Kelima, kita akan mendapat “warning” bahwa pulsa akan berkurang sebesar nilai pembelian paket tersebut dan jika setuju, klik Ya.


Keenam, setelah sukses melakukan pembelian paket internet, kita sudah dapat melakukan koneksi internet namun harus melakukan installasi dan prosedur berikut ini.

CARA INSTALLASI MODEM & KONEKSI KONEKSI INTERNET

Installasi modem ETS 2052 ini akan berjalan secara otomatis. Jadi tidak ada yang sulit untuk melakukannya termasuk yang masih awam sekalipun dalam urusan install-menginstall hardware

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama, hidupkan PC / laptop terlebih dahulu.

Kedua, nyalakan pesawat HUAWEI ETS 2052 hingga pesawat dapat menemukan jaringan Ceria yang ditandai dengan adanya indicator sinyal yang berada pada kanan atas.

Ketiga, tancapkan ujung kabel data pada pesawat telephone dan ujung yang lain pada PC / laptop.

Keempat, biarkan system mendetect hardware yang baru ditemukan tersebut yang kemudian akan melakukan installasi secara otomatis. Yang perlu kita lakukan adalah hanya menekan tombol next dan next hingga finish.

Kelima, membuat settingan koneksi dengan cara klik shortcut FWT Connect (atau pada All Program) hingga akan muncul jendela “ETS 2052 Wireless Connection Setting”.

Keenam, klik button “New”.

Ketujuh, isikan dengan rincian sebagai berikut.

  • Pada “Profile Name“, isikan nama koneksi yang kita inginkan, misalkan ceria, internetku, dll.
  • Pada “Authentication” rinciannya sebagai berikut.
  • Pada Number, isikan #777
  • Pada Username, isikan “internet” (tanpa tanda petik)
  • Pada password, isikan “ceria” (huruf kecil tanpa tanda petik)

Kedelapan, klik button “Save” dan OK.

Kesembilan, untuk langsung tersambung ke internet klik “Connect” pada FWT Connect Shortcut.

Kesepuluh, jika berhasil tersambung ke internet maka kita akan melihat indicator “Connected”

Kesebelas, jalankan browser internet untuk siap melakukan penjelajahan di dunia internet.

Keduabelas, selamat mencoba dan menikmati internetan dengan Ceria.

Sumber artikel : tips-net.blogspot.com

Popularity: 32% [?]

23 thoughts on “Afirmasi yang tercapai : Akses Internet di desa

  1. Ceria itu cepatnya cuma jam 4 subuh sampai jam 7 pagi, Itu aja pake di hack segala(yang pengin tahu cara ngehack kecepatan ceria bisa hubungi aku). Saat-saat peaktime yaitu jam 6-9 malam jangan tanya, aku aja bahkan pernah ingin buka Google aja nggak bisa. Tak tanyakan ke CS-nya jawabannya sama saja(emang udah pakai FAQ).

    Selain itu alamat IP Ceria se Indonesia sama. Gara-gara itu, aku daftar TREKPAY ditolak. Sebenarnya pas dicoba aku udah tahu kalo Ceria itu lambat, tapi tetap kubeli karena tergiur unlimitednya yang paling murah. Eh nggak tahunya lemot dan sampai saat ini nggak ada perubahan. Mending pake speedy di kantor, kecepatannya 2x Ceria. Nyesel aku pakai Ceria.

  2. pengalaman aku pakai ceria internet unlimited belum sebulan ini begitu mengecewakan area banyuwangi kerap kali gangguan,bisa berhari-hari,tidak bisa konek,lambat nya juga minta ampun,download dari situs penyedia file sharing pun ngak bisa karena putus – putus,ip nya juga ip publik.
    kapan ya di desa dapat layanan informasi tekhnologi yang bermutu juga terjangkau…?

  3. Salam kenal buat Bang Niko, aku pikir Ceria Internet itu lumayan bagus, itu di tempat saya Klaten dekat yogya, ya kekurangan hampir sama bukan hanya ceria saja, terkadang lambat, dak bisa connect sama sekali ( katanya sih lagi Maintenance Server Ceria) itu wajar kan. DAn q mau nanya apa pernah nyoba kalau internet lambat kemudian pakai Antena outdoor jadi bagus ( padahal sinyal full sdh full dg Antena Indoor)? terima kasih.

  4. wah, menarik sekali..
    sayang sekali di tempatku gak ada sinyal cdma sama sekali, terpaksa deh koneksi hanya mengandalkan im3 dg nokia 3120c sbg modem… lambat sih, tp dah ckp lah bwt nyari info2 scr online..

  5. Yang dijelaskan di atas adalah setingan hanya menggunakan 1 komputer / laptop.
    Tapi bagaimana bila menggunakan 2 – 3 komputer ,Bisakah ? Apakah harus nambah perangkat swtich ? dan bila ada switch tipe berapa mengingat koneksi ceria ke komputer menggunakan USB bukan RJ-45
    Demikian dan terima kasih

  6. koa bisa segituh yaaa.
    padaha kalo secara teoritis, harusnya cuma bisa sampe 153kbps.
    kecuali kalo punya license 3G
    ada artikel yang cukup menarik nih tentang kecepatan akses internet di blog k-4-s.info
    Kenali Kecepatan Internet
    siapa tahu bermanfaat

  7. kecepatan 230kbpsny dr mana bos… lha wong rx+txnya cuma muncul max 163.5 alias paling beruntung 150an kbps… tmpat sya dulu keluar 138kbps dan downloadny cma kluar 16Kbps… tp skarang cma kluar 64kbps… dgn kata laen 5mb mp3 kamu download 1jam… ip sama sih gak jd soal… bìsa tuh d kasih proxy… msl putus2,pake aj rasmaster… tp msl cepet gue gak da solusi… lo ad yg mo ksh tau jg bleh d mbahbejo_x@yahoo.co.id tnks

  8. Salam Kenal buat semua bro’s

    Ah pada bisa komplain ma ngomel doang bisanya. Ceria Internet Itu SANGAT BANGUS. Terbukti Gw gak pernah isi pulsa setelah pembelian paket perdana unlimited. dah sekitar 3 bulan nih, tetep aja konek. kalo pulsa abis emang gak bisa brosing selain ke portal ceria (ting-2). Artinya kan masih tetep konek, cuman kalo mau brosing kita kena blok. Tapi tetep konek kan (inget tuh). Yang dibutuhkan cuma proxy buat ngebuka blok nya. gak usah pake yang susah and ruwet. pake proxy ceria aja. Nih Alamatnya : 203.166.207.27, 203.166.207.28 dan 203.166.207.4 port = 80. Gratis ampe modem dan laptop jebol.

    Loe chek aja kalo gak chaya… 203.166.207.xxx ip sampuernatelekom.

    dah nikmatin aja, jangan cuman bisa maki-2 doang tanpa cari solusi.

    “Menuju Era Cyber Country”

  9. Ups Tambahan…

    Buat yang mau informasi tentang proxy ISP CDMA atau GPRS lainnya bisa kontak gw by mail…

    Gratis Tanpa Syarat

    “Menuju Era Cyber Country”

  10. @ bro Neo : gimana cara ane ngubungin ente bro? via email? ato kalo id pesbuk nya bisa donk di share..terima kasih..

  11. @ Neo
    Wahh makasih banged infonya. Gw dah coba, bener2 tokcer.
    BTW imelnya kemana bro?

  12. katanya pake internet ceria cepat 130 Kbps ternyata buat internetnya cuma 9Knps dan downloadnya cuma 9Kbps betul mnegcewakan intenet ceria……… apalagi sinyalnya putus lagi soalnya di rumah saya dengan antena wifi ceria jarak cukup dekat ……………………….

  13. Bos… setahu saya kecepatan internet ceria paleng maksimal cuma 153 kbps
    230 kbps tuh cuman kecepatan koneksi modem ke pc/laptop
    ==> jadi lw di artikel ente tertulis sampek 86.78(dwnload)34.73(upload) tuh sangat2 gak mungkin
    speedy aje maksimal 3.1 Mbps
    artikel ente tu sungguh terlalu………

  14. Alaaah…Nggak usah musingin Ceria lagi bos.Pake aja ISP yang laen.Ceria Internet tu Teknisinya belajar sambil jalan.Lo pada yang pake ceria jadi kelinci percobaan.Ngomong murah, murah dari mana???.Mo limit speedy aja cuma Rp.170.000,-/bulan itupun sudah dengan kecepatan yang lumayan 1Mbps.Sedangkan no limit ceria Rp.150.000,-/bulan dengan kecepatan yang makan hati.Lemot dan putus-putus, kadang juga connect ke provider tapi nggak bisa akses.Walah yang waras nyingkir aja dah!.
    Banyak posyingan yang katanya bisa ngehack speed Ceria internet, opo iyo….?.Yang mesti di hack atau diperbaiki itu adalah Bandwidtnya bukan segala macam settings yang tidak berpengaruh apa-apa.
    Kalo nggak percaya coba aja.Bahkan nama ISP-nya diganti “Tai kucing” juga tetep mblekedes gitu!!!.(Hehe…ISP mah nggak ngaruh ke speed kali ya). Tapi ni sangking jengkelnya Habis tertipu ama Ceria Internet.
    Salam.

  15. saya pake cria enak cepet dan murah. saya di warungasem ,batang pekalongan. barang kali saya lagi beruntung. salam buat teman-teman.

  16. kupret………….sinyalnya putus-putus…..sering eror….sering perbaikan gak kasih tau…..bikin sengsara

  17. tambahan info gan sekarang dah ada modem ceria huawei DTU-450,lebih simpel gak segede dulu bentuknya tapi gak lebih besar dari kotak rokok samp***na.jadi lebih mudah dibawa gak kaya seles perangkat telp heheh……

  18. thank infonya proxy-nya, bro @neo. mudah2n betul bs ttep browshing wlw paket bais.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website